Dharmasanti Nasional, Menag: Mari Bergandengan Tangan Hadapi Tantangan

 Dharmasanti Nasional, Menag: Mari Bergandengan Tangan Hadapi Tantangan

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menghadiri Dharmasanti Nasional Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat di Senayan, Jakarta, Minggu (9/4/2022). (Foto:Kemenag)

JAYAKARTA NEWS – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menghadiri Dharmasanti Nasional Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat di Senayan, Jakarta, Minggu (10/4/2022)

Menag mengajak umat Hindu untuk terus jalin persaudaraan dan jaga persatuan dalam menghadapi tantangan. “Mari bersama bergandengan tangan karena masih banyak tantangan besar yang dihadapi bangsa kita,” pesan Menag.

“Hubungan yang baik dan harmonis antarsesama umat manusia adalah modal besar bagi bangsa kita untuk semakin memperkuat Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan Undang-Undang Dasar 1945,” sambungnya.

Menurut Menag, Dharmasanti Nasional adalah bagian dari Sad Dharma yang mengajarkan umat Hindu untuk menjaga persahabatan dan persaudaraan dengan sesama, baik secara intern maupun antarumat beragama. Harapan ini sejalan dengan tema utama Hari Suci Nyepi Tahun 2022, yaitu Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi yang berarti Aku adalah Engkau. Kita semua bersaudara atau Wasudewa Kutumbakam.

Acara yang sangat penting ini adalah rangkaian yang tidak terpisahkan dari perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944 yang jatuh pada hari Kamis, 3 Maret 2022. “Atas nama Menteri Agama Republik Indonesia, saya mengucapkan Selamat dan Sukses atas terselenggaranya Dharmasanti Nasional Tahun 2022,” tutur Menag.

“Semoga cahaya Dharmasanti Nasional tahun ini memancarkan semua harapan itu menjadi nyata,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Wisnu Bawa Tenaya mengucapkan rasa syukurnya kepada Kementerian Agama yang telah memfungsikan secara resmi Candi Prambanan sebagai tempat ibadah umat Hindu. “Kami umat Hindu sungguh bahagia karena telah diberikan kesempatan untuk memanfaatkan Candi Prambanan sebagai tempat ibadah umat Hindu baik secara nasional maupun dunia,” ungkap Wisnu.

“Hari ini pula kita implementasikan moderasi beragama. Kita undang bapak-bapak dan ibu-ibu yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Kami atas nama umat Hindu mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa. Mari kita saling berkolaborasi untuk berkontribusi membangun negeri,” tutupnya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo juga menyampaikan apresiasinya kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atas kontribusinya selama menjabat. “Kita sangat beruntung memiliki Menteri Agama yang visioner, moderat, dan selalu menjaga harmonisasi umat beragama. Saya yakin dan percaya selama masa jabatan beiau, insyaallah Indonesia akan aman-aman saja,” ujarnya.

Dharmasanti ini dihadiri oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Koordinator Staf Khusus Presiden Ana Agung Ari Dwipayana, Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama I Ketut Widnya, perwakilan pengurus PHDI dari seluruh Indonesia, pimpinan organisasi masyarakat Hindu, serta sesepuh, tokoh dan umat Hindu yang hadir dalam momen tersebut.

Turut menyambut juga secara virtual Presiden RI Joko Widodo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Jenderal TNI Andika Perkasa, serta Kapolri Sigit Prabowo. (*/mel)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.