Deteksi Dini Penggunaan Listrik, Cegah Bahaya Kebakaran

 Deteksi Dini Penggunaan Listrik, Cegah Bahaya Kebakaran

Penyerahan Hasil Kajian Inspeksi Kelistrikan/Foto Thermal Infrared Polsek Metro Pondok Gede, dari Suharto Dirut. PT. Harmoni Mitra Sukses, kepada Kapolsek Pondok Gede,Komisaris Polisi Hersiantony,SH,MH. (foto : nanang.s).

Jayakarta News – Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Seiring perkembangan zaman, kebutuhan tenaga listrik semakin meningkat. Dewasa ini tidak ada satu pun kegiatan manusia yang tidak terkait dengan energi tenaga listrik. Hampir semua opersional kantor pemerintah maupun swasta, teknologi jaringan dan komunikasi, tak lepas dari listrik.

Ironisnya, banyak masyarakat belum memahami bahwa listrik juga bisa menjadi pemicu kebakaran. Musibah kebakaran di sejumlah gedung maupun tempat-tempat pemukiman warga di beberapa daerah, umumnya dipicu hubungan arus pendek, faktor penyebabnya bisa mulai dari instalasi yang buruk, penggunaan material yang tidak sesuai standar, hingga penggunaan peralatan listrik yang tidak terkontrol, sehingga mengakibatkan panas berlebih dan mengakibatkan kebakaran.

Seperti halnya yang terjadi baru-baru ini, sebuah gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 6 Yadika di Jalan Wadas Raya Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi terbakar Senin (18/11/2019), disusul satu minggu kemudian, Selasa (26/11/2019) siang, sebuah arena bermain anak “Amazon” di Mal Plaza Cibubur Jatisampurna,Bekasi juga terbakar. Kedua kebakaran tersebut diduga kuat akibat hubungan arus pendek atau korsleting listrik. 

Menanggapi hal tersebut, Kapolsek Metro Pondok Gede, Komisaris Polisi Hersiantony, SH, MH ikut prihatin, karena kedua kejadian itu berada di lingkungan wilayah tugasnya. Ia mengimbau masyarakat untuk melakukan deteksi dini dalam penggunaan energi listrik, khususnya pada fasilitas-fasilitas publik, yang mengumpulkan masyarakat banyak seperti plaza, sekolahan, perkantoran. “Kalau semua sudah dideteksi, mudah-mudahan ke depan lebih aman, artinya dalam menggunakan pelayanan publik itu lebih aman dan nyaman,” ujarnya.

Selain itu juga pentingnya efisiensi dan efektivitas penggunaan energi listrik, mengingat sumber daya penghasil energi listrik semakin lama semakin terbatas, salah satunya adalah dengan melakukan Foto Thermal Kelistrikan Inspeksi Kelistrikan. Foto Thermal Kelistrikan yang diawali pengumpulan data historis. Kemudian menghitung Intensitas Konsumsi Energi (IKE) listrik. Dari hasil perhitungan Intensitas Konsumsi Energi (IKE) tersebut akan diketahui tingkat efisien konsumsi energi listrik.

Salah satu kegiatan Foto Thermal Kelistrikan/Inspeksi Kelistrikan ini telah dilakukan di lingkungan Institusi Polsek Metro Pondok Gede. Dengan diketahuinya tingkat efisiensi dan efektivitas penggunaan energi listrik, diharapkan Institusi Polsek Metro Pondok Gede dapat menjadi pelopor kegiatan penghematan penggunaan energi listrik yang dicanangkan Pemerintah. Selain itu kegiatan Foto Thermal Kelistrikan/Inspkesi kelistrikan dapat menjadi deteksi dini atas timbulnya bahaya kebakaran akibat hubungan arus pendek yang disebabkan pemakaian atau koneksi instalasi yang tidak sesuai standar.

Dalam pengoperasiannya energi listrik terkadang tidak sesuai tujuan yang diharapkannya. Kemungkinan timbulnya gangguan tidak dapat dihindarkan. Kondisi inilah yang bisa menghambat kinerja khususnya bagi Anggota Polsek Metro Pondok Gede dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Oleh karena itu inspeksi kelistrikan merupakan upaya yang disarankan dilaksanakan oleh Polsek Metro Pondok Gede sebagai langkah preventif untuk mengetahui kualitas dan laik tidaknya sistem kelistrikan yang ada di Polsek Metro Pondok Gede berikut jaringan instalasi yang mendukungnya, sehingga gangguan atas terputusnya koneksi listrik atau yang terparah bahaya kebakaran dari konsleting listrik bisa dihindari atau ditiadakan sama sekali.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Suharto, selaku Direktur PT. Harmoni Mitra Sukses, yang telah merasa peduli mewujudkan tata kelola energi tenaga kelistrikan yang ada di Polsek Metro Pondok Gede guna mendapatkan energy listrik yang aman, berdaya guna, efektif dan efisien’.

Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. Harmoni Mitra Sukses kepada masyarakat dalam ikut memberikan edukasi tentang standarisasi penggunaan kelistrikan untuk menciptakan rasa aman di masyarakat khususnya dalam mencegah musibah kebakaran, yaitu dalam wujud hibah melaksanakan pengambilan sampel thermoghapy dengan peralatan Infra Red FLUKE untuk mengetahui titik panas (hot point) pemicu korsleting pada panel dan MCB di sekitar Polsek Metro Pondo Gede. (nanang s)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *