Connect with us

Kabar

‘Demi Film Indonesia’ Satu Dekade

Published

on

Niniek L Karim memberikan tumpeng kepada pengunjung yang hadir (foto Arul!)

JAYAKARTA NEWS— Komunitas film banyak bertebaran di Tanah Air. Salah satu yang banyak anggotanya dan eksis adalah Demi Film Indonesia (DFI).

Sudah 10 tahun alias 1 dekade usia DFI berkecimpung dan beraktifitas di ranah perfilman nasional dan masalah-masalah seputar budaya dan  film yang melingkupinya.

“Dari kelahirannya sampai kini, DFI terus dan aktif mendukung perfilman nasional. Film Indonesia bisa jadi tuan rumah di dalam negeri dan tamu di manca negara,” sambut Yan Widjaja, Pimpinan DFI yang menghelat acara ultahnya ke 10 di Pasar Malam Tangkiwood, Pusat Produksi Film Negara (PFN), Otista, Jakarta, baru-baru ini.

Para insan film yang hadir di ultah 10 DFI (foto Arul)

Dikatakan Yan Widjaja yang pengamat dan aktor film ini, DFI adalah wadah tempat berkumpulnya para sineas, sutradara, penulis skenario, pemeran film dan wartawan/kritikus film.

Dalam perkembangan dan perjalanan satu dekade itu, DFI telah memproduksi 3 film pendek dan direncanakan 1 film cerita panjang.

Adisurya Abdy sebagai penggagas DFI berujar kita terus mengkampanyekan film nasional. “Agar ada investor yang berkolaborasi dengan DFI,” jelas Adisurya Abdy selaku sutradara dan terakhir jadi juri di FFAP di Macau, Cina mewakili Indonesia baru-baru ini.

Aktris senior Niniek L Karim yang memotong tumpeng menyatakan salut dan bangga atas rekam jejak DFI selama ini.

“DFI contoh bagus sebagai komunitas dan entitas yang bersinergi dengan perfilman nasional. Bahkan, terakhir DFI melebarkan sayapnya ke pembuatan film,” tutur Niniek L Karim.

Sependapat dengan Yatie Soerachman yang juga hadir di acara ultah 10 DFI.

“Acaranya sederhana, tapi prestasi dan rekam jejaknya mentereng. Semoga ini bisa ditiru langkahnya oleh komunitas lain,” terang Yatie yang pernah menggaet piala sebagai aktris terbaik lewat film ‘Balada Sumirah’ (Sum Kuning) di FFAP di Jogjakarta dan Bali.

Dalam kesempatan itu hadir juga Dwi Heriyanto (Dirut PFN), Adie Marzuki dan sineas lain.

Bravo dan maju terus DFI ! (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *