Demi burung kecil, festival musik Bluefest Kanada ditunda

 Demi burung kecil, festival musik Bluefest Kanada ditunda
Telur burung killdeer terlihat di sarangnya yang ada di jalan berbatu di lokasi festival musik Ottawa Bluesfest, di sebelah Museum Perang Kanada di Ottawa pada Senin, 25 Juni 2018. PRESS CANADIAN / Justin Tang

SETIAP  bulan Juli, orang-orang dari seluruh Kanada bersemangat melakukan perjalanan ke Ottawa, demi  menghadiri Bluesfest, salah satu festival musik terbesar di negara itu.

Tapi tahun ini, persiapan festival festival itu harus ditunda, untuk melindungi satu peserta yang sangat istimewa: induk burung dan sarangnya.

Oooo.. kok bisa begitu?

Dalam persiapan akhir proyek festival musik itu, ada pekerja menemukan  killdeer (Cerek  kecilyang sedang menjaga empat telur di sarangnya. Untuk diketahui,  di Kanada trah burung killdeer ini dilindungi oleh pemerintah. Siapa pun  tidak dapat memindahkan sarang burung killdeer, apa lagi sudah ada telurnya, tanpa izin dari pemerintah federal.

Burung dan empat telurnya itu, yang menikmati status dilindungi di Kanada,  bersarang di tambalan batu, yang biasanya dipakai untuk panggung utama. (Lihat foto utamaRed). Telur burung ini memang harus dilindungi, karena  tidak biasa bagi mereka untuk tidak menetas pada pertengahan Juni.

 

Seorang penjaga keamanan berdiri di depan pita peringatan agar orang tidak melintasinya, menjaga orang-orang mengganggu  burung killdeer yang membuat sarang dan bertelur di jalan berbatu di lokasi festival musik Ottawa Bluesfest, di sebelah Museum Perang Kanada di Ottawa pada Senin, 25 Juni 2018. PRESS CANADIAN / Justin Tang

“Saya harus mengatakan ini adalah salah satu masalah paling menantang yang kami hadapi akhir-akhir ini,” kata direktur eksekutif Bluesfest, Mark Monahan kepada wartawan.

“Apa pun yang mengganggu jadwal memiliki pengaruh besar, jadi kami menganggapnya sangat serius. Kami bekerja dengan mitra kami, untuk mencoba dan menyelesaikannya dan kami berharap untuk mendapatkan resolusi dalam 24 jam ke depan,” kata Mark Monahan yang ditemui  wartawan beberapa langkah dari tempat burung bertelur.

Induk  killdeer yang bertelur, bisa ngambek  dan meninggalkan telurnya,  jika sarang mereka dipindahkan lebih dari beberapa meter, kata ahli biologi dari Carleton University, Michael Runtz seperti dikutip  CNN dan CBC.

Telur killdeer membutuhkan waktu antara 24 dan 28 hari untuk menetas. Setelah menetas,  burung-burung itu dapat terbang tidak lama setelahnya. Festival ini sedianya akan dimulai pada 5 Juli dengan mengambil lokasi di depan Museum Perang Kanada.

Bluesfest  rata-rata dihadiri  lebih dari 300.000 penggemar. Festival tahun ini antara lain akan menampilkan  Shawn Mendes, Foo Fighters dan Dave Matthews Band.

Setelah menemukan burung kecil yang tengah bertelur itu, para pekerja telah memblokir sarang dengan pita peringatan. Pihak panitia juga telah menyewa seorang penjaga keamanan untuk memastikan tidak ada satu pihak pun yang merusak sarang burung tersebut.

Panitia festival ini mengidentifikasi tempat-tempat untuk sarang yang direlokasi sekitar 50 meter dari area panggung utama, dapat diisolasi dan dilindungi.

Sarang akan jauh dari ratusan ribu penggemar musik yang akan menghadiri  festival untuk melihat performance  bintang  seperti Shawn Mendes, Bryan Adams, Foo Fighters dan Dave Matthews Band, dan  sejumlah bintang  lainnya.

“Entah bagaimana, mencoba memindahkan telur dari tempat mereka sekarang – itu benar-benar bagian penting bagi kita. Ada lokasi lain yang bisa kita pindahkan,” kata Monahan.

“Melihat perhatian publik – dan sampai penilaian selesai dan pilihan terbaik dapat ditentukan – NCC telah memastikan bahwa situs itu  tetap tidak terganggu,  dengan memberikan jaminan keamanan 24 jam di tempat,” kata juru bicara Jacqueline Theoret.***

 

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *