Delegasi TPO Ikuti Kegiatan ‘City Tour’ di Kota Medan

 Delegasi TPO Ikuti Kegiatan ‘City Tour’ di Kota Medan

Peserta TPO berfoto bersama bersama Pemandu Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut di Istana Maimun, Medan (Foto. Disbudpar Sumut)

JAYAKARTA NEWS – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara (Disbudpar Sumut) menggelar kegiatan wisata (City Tour) bersama rombongan peserta delegasi menjelang kegiatan General Assembly 10th Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pacific Cities atau Sidang Umum TPO ke-10. 

Peserta delegasi memanfaatkan kegiatan ini untuk mengisi waktu luang sambil menunggu pembukaan Sidang Umum TPO ke-10  yang dilaksanakan mulai tanggal 9-12 November 2022.

Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Laila Jamilah Lubis di Medan, Rabu (9/11/2022) mengatakan kegiatan city tour tersebut bertujuan untuk memperkenalkan salah satu destinasi wisata yang berada di Kota Medan sebelum menggelar sidang Umum TPO. 

“Kunjungan city tour ini tujuannya mempromosikan tentang pariwisata di Sumatera Utara kepada peserta TPO, agar dapat dikenal lebih jauh oleh mereka, kami (pemerintah Sumut) terus menggalakkan promosi pariwisata kepada wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara,”katanya. 

Kegiatan wisata yang diikuti 25 orang peserta dari berbagai sejumlah negara ini, didampingi oleh panitia kegiatan bersama Pemandu Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut.  Perjalanan dimulai dari kawasan Hotel Santika Medan dengan menggunakan Bus.

Peserta TPO berfoto bersama Pemandu Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut di Masjid Raya Al-Mashun Medan. (Foto. Disbudpar Sumut)

Rombongan pertama kali diajak mengunjungi ke Masjid Raya Al-Mashun milik Kesultanan Melayu Deli untuk menikmati lingkungan sekitar masjid dan kemegahan dan keindahan arsitekturnya, dan tidak lupa mengabadikan momen tersebut dalam setiap jepretan.

Selanjutnya rombongan diajak ke Istana Maimun. Istana Maimun  adalah bangunan cagar budaya peninggalan Kerajaan Melayu Sultan Deli ke – IX,  yaitu Sultan Ma”moen Al Rasyid Perkasa Alamsyah.

Bangunan bersejarah cagar budaya ini merupakan salah satu destinasi objek wisata yang sangat digemari oleh wisatawan Nusantara maupun wisata mancanegara. 

Setibanya peserta TPO di Istana Maimun terlihat banyak pengunjung. Ada yang hanya bersantai, berswafoto, berkeliling sambil menggali berbagai informasi peninggalan sejarah. 

“Kegiatan ini sangat menyenangkan sekali, kami diajak ke objek wisata yang menarik. Begitu juga pelayanan pemandunya yang sangat ramah sehingga membuat kami sangat terkesan,” kata Sekretaris Jenderal TPO, Woo Hyoung-ha. 

Diakhir perjalanan, rombongan dibawa ke sebuah rumah tua yang kini telah berfungsi sebagai sebuah museum yang dibangun oleh seorang saudagar Cina bernama Tjong A Afie yang hidup pada rentang waktu antara 1860-1921.  Para peserta terkesima dengan bangunan rumah berlantai dua ini masih berdiri megah dan terjaga dengan baik yang mempunyai usia lebih dari 100 tahun. 

Setelah kegiatan city tour selesai para peserta TPO pun kembali ke Hotel Santika. (*/Monang Sitohang)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.