Danau Cinta di Pulau Makalehi

 Danau Cinta di Pulau Makalehi

MENCARI danau berbentuk hati di kepulauan Indonesia saat ini bukan hal yang sulit. Coba saja datang ke Pulau Makalehi. Pulau ini masuk dalam daftar 92 gugusan pulau terluar di Indonesia, karena letaknya yang berada di garis laut terluar dan berbatasan langsung dengan Filipina.

Danau yang berbentuk seperti hati itu sendiri terdapat di Pulau Makalehi.Pulau Makalehi adalah Pulau kecil yang terdapat di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (SITARO), Sulawesi Utara. Pulau ini merupakan Pulau terluar dari Kabupaten Sitaro dan juga Pulau terluar dari Negara Republik Indonesia.

Pada posisinya yang berada di arah Timur dari Pulau Siau, Pulau Makalehi berhadapan langsung dengan negara tetangga, yaitu Malaysia Timur. Di tengah pulau inilah  danau yang bentuknya menyerupai bentuk hati berada.

Untuk melihat bentuk Danau Makalehi secara keseluruhan, harus mendaki ke puncak gunung yang paling tinggi di Pulau Makalehi. Dari puncak tersebut bisa juga menyaksikan panorama eksotis dari lingkunagn pulau.

Untuk mencapai pulau Makalehi dari Pelabuhan Manado dapat menumpang dengan Kapal Motor yang berangkat sore hari jam 17.00 WITA dan waktu tempuh 6 jam perjalanan atau dengan Kapal Cepat berangkat jam 10.00 WITA dengan waktu tempuh sampai di Pelabuhan Ulu Siau sekitar  3 jam.

Dari Pelabuhan Ulu Siau, lanjutkan perjalanan ke Kec. Siau Barat dengan menggunakan mobil atau motor selama 30 menit. Sampai di Kec. Siau Barat lanjut naik perahu motor dengan menempuh jarak sekitar 14 mil laut dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan.

Yang penting harus diperhatikan jika kita hendak pergi ke sana tidak setiap hari ada jasa penyeberangan perahu dari siau ke makalehi. Penyeberangan hanya ada ketika hari pasar yaitu Senin,  Rabu dan Jumat. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *