Connect with us

Kabar

Cakupan Vaksinasi Syarat Perubahan Level untuk Memotivasi Daerah Melakukan Percepatan

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Indikator vaksinasi untuk penetapan level kabupaten/kota meliputi 2 aspek yaitu capaian vaksinasi pada populasi umum maupun warga lanjut usia (lansia). Hal ini tertuang dalam Instruksi Mendagri No 42 Tahun 2021. Target ini berdiri bersamaan tidak terpisah sehingga jika tidak bisa dicapai keduanya maka level daerah harus naik. 

“Pemerintah berharap penambahan indikator ini menjadi pemicu motivasi daerah melakukan percepatan vaksinasi daerah segera. Hal ini bukan hanya kunci pelonggaran kegiatan, namun juga keselamatan dan kesehatan masyarakat,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan pers Perkembangan Penanganan di Graha BNPB, Selasa (14/9/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia. 

Pada sisi lain, Badan POM telah memberikan Emergency Use of Authorization kepada 3 vaksin Covid -19 yang menggunakan platform non replicating viral factor. Ketiganya, ialah Vaksin Sputnik V, vaksin Johnson dan vaksin Confidencia. Ketiga jenis vaksin ini diperuntukkan masyarakat 18 tahun ke atas. 

“Sedangkan dosisnya vaksin Sputnik V akan disuntikkan 2 kali dengan interval 3 minggu atau 21 hari. Sedangkan vaksin Johnson atau vaksin Confidencia akan disuntikkan masing-masing 1 kali saja,” jelasnya.***/ebn

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *