BNPB Tutup Bimtek TRC Zona Tengah

 BNPB Tutup Bimtek TRC Zona Tengah

Foto bersama bersama Plt. Direktur Fasilitasi Pemenuhan Korban dan Pengungsi Kedeputian Penanganan Darurat BNPB Joko Sri Wismoko. (foto: BNPB)

JAYAKARTA NEWS – Bimbingan Teknis (Bimtek) personel Tim Reaksi Cepat (TRC) dalam penanganan darurat akibat bencana untuk zona tengah resmi ditutup oleh Plt. Direktur Fasilitasi Pemenuhan Korban dan Pengungsi Kedeputian Penanganan Darurat BNPB Joko Sri Wismoko (17/6).

Acara yang diselenggarakan tersebut diadakan sejak ahad hingga Kamis dengan diikuti seratus peserta dari zona tengah Indonesia seperti Kabupaten/Kota dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat dengan protokol kesehatan ketat di Hotel Forest Kota Bogor.

Peserta Bimtek TRC. (foto: BNPB)

TRC memiliki acuan amanat Presiden agar pelaksanaan operasi saat tanggap darurat harus dapat diimplementasikan dengan cepat karena kecepatan adalah kunci menyelamatkan dan mengurangi jatuhnya korban. Harapan BNPB agar pembelajaran yang didapatkan selama Bimtek dapat bermanfaat dan dapat ditranfer kepada tempat peserta mengabdi di daerah masing-masing khususnya disituasi wabah Covid-19.

“Kami berharap Bapak/ibu menjadi contoh agen perubahan di wilayah masing-masing, tanpa dukungan dan kerjasama mustahil acara ini dapat terlaksana” terang Joko.

Beragam materi yang diajarkan seperti Manajemen darurat bencana, Sistim Komando Penanganan Darurat Bencana (SKPDB), pengelolaan data kebencanaan, Pembiayaan dan akuntabilitas kebencanaan, praktik drone hingga pertolongan kegawatdaruratan disampaikan melalui metode ceramah, diskusi dan simulasi. (*/PR)

Plt. Direktur Fasilitasi Pemenuhan Korban dan Pengungsi Kedeputian Penanganan Darurat BNPB Joko Sri Wismoko saat tele-conference. (foto: BNPB)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *