BNPB Raih Dua Penghargaan Terbaik Sekaligus di Ajang Government Social Media Award 2021

 BNPB Raih Dua Penghargaan Terbaik Sekaligus di Ajang Government Social Media Award 2021

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mendapatkan GSM Award 2021 untuk kategori Best Campaign dengan tagar #BersatuLawanCovid-19 dan Best Account kategori lembaga pemerintah untuk akun @bnpb_indonesia, Jumat (26/11/2021)/foto tangkap layar BNPB

JAYAKARTA NEWS— BNPB meraih dua penghargaan terbaik sekaligus di ajang Government Social Media Award (GSM) tahun ini. Apresiasi ini diberikan panitia GSM Award dalam acara pengumuman secara daring pada Jumat (26/11).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendapatkan GSM Award 2021 untuk kategori Best Campaign dengan tagar #BersatuLawanCovid-19 dan Best Account kategori lembaga pemerintah untuk akun @bnpb_indonesia . Pada ajang ini BNPB menjadi nominator untuk empat kategori, dua di antaranya ‘Best Use of Image’ dan Best Use of Video‘. Penyerahan GSM Award 2021 langsung diterima oleh Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D. secara virtual melalui kanal zoom.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mendapatkan GSM Award 2021 untuk kategori Best Campaign dengan tagar #BersatuLawanCovid-19 dan Best Account kategori lembaga pemerintah untuk akun @bnpb_indonesia, Jumat (26/11/2021)/foto tangkap layar BNPB

Penghargaan tersebut tidak terlepas dari kerja keras BNPB melalui Pusdatinkomben dalam menyampaikan informasi dan edukasi mengenai kebencanaan, baik bencana yang dipengaruhi faktor alam maupun non-alam. Tagar #BersatuLawanCovid sudah menjadi bagian dari setiap produk media sosial BNPB sejak awal penanganan Covid-19 di Tanah Air. Tagar ini juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam setiap rilis pemberitaan Pusdatinkomben terkait informasi kebencanaan, infografis, konten-konten edukasi dan rilis audiovisual.

Apresiasi ini memberikan semangat yang lebih besar untuk terus berkarya dalam menyampaikan berbagai informasi, edukasi atau pun karya dalam penanggulangan bencana, termasuk penanganan Covid-19 yang masih berlangsung hingga kini. Dalam komunikasi publik selama ini, BNPB membagikan berbagai kanal informasi seperti website, jejaring sosial whatsapp group, dan media sosial, seperti twitter, facebook, Instagram dan youtube.

Frekuensi dan konsistensi BNPB dalam memanfaatkan kanal media sosial untuk penyampaian informasi yang berbuah penghargaan Best Account ini juga diharapkan akan semakin memperkuat fungsi BNPB sebagai rujukan utama dalam informasi penanggulangan bencana di Indonesia.

GSM Award merupakan salah satu kegiatan utama acara GSM Summit (GSMS) yang digelar setiap tahun. GSMS sendiri adalah acara yang bertujuan untuk memberikan dukungan dan apresiasi terhadap kinerja komunikasi publik melalui media sosial yang dilakukan oleh pemerintah, baik kementerian, lembaga dan pemerintah daerah, serta BUMN.

Penghargaan People of the Year 2021

Sebelumnya, BNPB juga menerima penghargaan People of the Year 2021 dari Metro TV untuk kategori Innovative Governmental Organization. Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di studio Metro TV, Jakarta, pada hari Rabu lalu (24/11).

Penghargaan kategori Innovative Governmental Organization ini diterima Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito yang mewakili Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto. Acara tersebut merupakan bentuk penganugerahan Metro TV, sebagai salah satu televisi swasta nasional, kepada tokoh publik, baik pejabat pemerintah pusat, daerah, peneliti, dan tokoh lainnya yang telah berjasa dan memberikan perubahan selama masa pandemi Covid-19.

“Kami mewakili Ketua Satgas sekaligus Kepala BNPB, hari Rabu malam sebagai penerima penghargaan Innovative Governmental Organization bersama dengan Bapak Budi Gunadi selaku Menkes dan Bapak Nadiem Makarim selaku Menristek-Dikbud,” ujar Wiku melalui pesan singkat, Jumat (26/11).

Sementara saat menerima penghargaan tersebut, Wiku menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak dalam mendukung penanganan pandemi, dari tingkat paling bawah hingga nasional.

“Penghargaan ini adalah untuk seluruh satgas tidak hanya di nasional, tetapi juga di daerah, para pimpinan di provinsi, kabupaten, kota sampai dengan kelurahan dan desa yang telah bekerja keras sejak awal di bulan Maret tahun 2020,” ujar setelah menerima penghargaan tersebut.

Dalam sambutannya, Wiku juga mengatakan atas kepemimpinan Letjen TNI Doni Monardo, kemudian dilanjutkan oleh Letjen TNI Ganip Warsito, yang semuanya membuahkan hasil, yang sekarang dinikmati bersama.

Menurut Wiku, penanganan pandemi Covid-19 yang baik ini berkat hasil kerja bersama berbagai pihak, termasuk media massa yang mendukung, para relawan di seluruh pelosok Indonesia, BNPB dan BPBD yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Wiku berharap, penghargaan ini menjadi motivasi bersama Satgas Penanganan Covid-19, baik di tingkat pusat dan daerah serta seluruh anggota pentaheliks, termasuk media, dalam tugas penanganan dan pengendalian Covid-19.

“Selamat untuk kita semua dan terima kasih pada Metro TV dan seluruh masyarakat,” tutupnya.

Penghargaan ini juga merefleksikan peran dan upaya kerja keras BNPB/ Satgas Penanganan Covid-19 dalam memberikan pelayanan publik terbaik, khususnya penanganan Covid-19 di Indonesia. Apresiasi tersebut menambah daftar penghargaan yang diterima oleh BNPB sebagai wujud nyata dalam karya penanggulangan bencana di Tanah Air.***/ebn

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *