Birunya Danau Kaolin di Bangka

 Birunya Danau Kaolin di Bangka

DANAU Kaolin adalah sebuah danau yang memiliki warna daratan yang putih bersih dan air yang berwarna biru. Danau ini terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan dan alam membentuk selanjutnya.

Kaolin sendiri adalah suatu mineral sebagai bahan industri seperti kosmetik, kertas, makanan, pasta gigi. Kaolin digemari karena sifatnya yang halus, putih, kuat, halus serta daya hantar listrik dan daya hantar panas yang rendah.

Dulu pemerintah belum memberikan regulasi ketat untuk penambangan timah, membebaskan masyarakat mengeksploitasi pertambangan timah, untuk memperbaiki perekonomian orang Bangka secara umum.

Pelaku penambangan timah ini sangat beragam bukan hanya PT. Timah tapi ada perorangan atau kelompok masyarakat.

Kemudian dampak adanya eksploitasi timah secara besar-besaran, yaitu terbentuk kolong atau bekas galian. Di antaranya Kolong Kaolin. Kolong terbentuk akibat eksploitasi timah ilegal. Biasanya kelompok yang telah menambang timah, akan meninggalkan daerah penambangannya begitu saja  bila sudah tidak menghasilkan lagi.

Selanjutnya, kolong yang berbentuk danau ini akan menampung air hujan. Kolong bisa dimanfaatkan oleh masyarakat jika umurnya sudah sekitar 10 tahunan. Kolong yang masih muda berwarna biru jernih, sedang Kolong yang tua berwarna hijau gelap atau coklat.

Kolong muda ini membentuk danau biru yang menyajikan pemandangan indah di sekitarnya. Tanah bekas galian yang berwarna putih ada di sekeliling danau yang airnya berwarna biru. Tempat ini jadi area swafoto yang menarik.

Lokasi danau ini di perbatasan Bangka Selatan, tepatnya di desa Air Bara, perjalanan dari Pangkalpinang sekitar 1,5 jam. Jalurnya dari Kota Pangkalpinang ke arah Koba (Bangka Tengah) lalu menuju Bangka Selatan. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *