Connect with us

Kabar

Bersaing dengan Artis, Anang Setia Sumarsono, M.Si. Kedepankan Tekad Melayani Rakyat

Published

on

Mendampingi Kunjungan Kerja Komisi VI DPR RI ke Sydney Australia.

BANDUNG, JAYAKARTA NEWS – Lelaki muda murah senyum ini bisa dibilang “new-comer”. Anang Setia Sumarsono, M.Si. caleg DPR RI Dapil Jabar 1 (Kota Bandung – Kota Cimahi), baru pertama kali mengikuti kontestasi ini. Amanah dan kepercayaan yang diberikan Ketua Umum dan Sekjen DPP PDI Perjuangan kepada dirinya, disikapi dengan antusias dan semangat.

Basis pemilih Dalil Jabar 1 adalah 30 kecamatan di Kota Bandung dan 3 kecamatan di Kota Cimahi. Total ada 166 kelurahan, dengan jumlah pemilih lebih dari 2 juta jiwa. “Saya ditugaskan meraup 80.000 suara dukungan rakyat. Karenanya, saya harus menetapkan target lebih dari 100.000. Setelah itu, baru saya susun strategi,” ujar Anang Setia Sumarsono, M.Si., mantap.

Dibantu organ Pengurus Anak Cabang, Ranting, Anak Ranting PDI Perjuangan dan para relawan, Anang merasa sangat diberkati dan semakin bersemangat untuk melayani. “Modal utama saya adalah ketulusan untuk mendengar, merespon dan membantu berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat. Bila Tuhan menghendaki, setiap benih kebaikan yang ditabur pasti akan menjadi tuaian yang indah pada waktu Nya. Kita diberkati untuk bisa membetkati,” ujar alumni S2 Magister Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia itu.

Bersama PAC, Ranting, Anak Ranting PDI Perjuangan dan Relawan Kota Bandung dan Kota Cimahi yang siap mendukung pemenangan Anang Setia Sumarsono, M.Si.
Mendampingi kunjungan kerja Komisi VI DPR RI ke PT Freeport Indonesia di Tembagapura Papua.

Simpati Rakyat

Sikap ramah, empati, dan loyal kepada wong cilik, terbukti mampu menyedot simpati rakyat. Sekalipun ia pendatang baru, tetapi bersyukur tidak mengalami kendala ketika turun ke bawah. “Yang terjadi adalah pertanyaan dari masyarakat, ‘…pak kapan turun ke kecamatan saya…. Pak kapan ke kelurahan saya….’ Itu terjadi baik di Kota Bandung maupun di Kota Cimahi,” papar Anang.

Bersama tim, Anang merancang sistem kerja cerdas yang efektif dan efisien, salah satunya dengan kanal www.anangsetia.com yang berisi berbagai informasi, Visi dan Misi-nya di Dapil Jabar 1, Aktivitasnya sebagai Tenaga Ahli Komisi VI DPR RI, Interaksinya dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi UKM, Kementetian Investasi, Kementerian BUMN dan beberapa BUMN di bawahnya sebagai mitra di Komisi VI DPR RI dan kegiatannya di Badan Kebudayaan Nasional PDI Perjuangan.

Hanya cara begitu, Anang bisa menjumpai ribuan orang calon pemilih per hari. “Anda mungkin bingung, bagaimana bisa melakukan itu semua. Yang pasti, selain fisik, psikis, mental dan kondisi hati harus selalu prima,” kata Anang sambil tertawa.

Kompetisi Ketat

Ketika ditanya ihwal kompetisi ketat yang terjadi di Dapil Jabar 1, Anang tak menempik. Sebab, di Jabar 1 ada banyak public figure seperti artis dan tokoh senior. “Tapi saya menganggapnya biasa saja. Niat yang saya patrikan adalah niat baik, datang untuk melayani,” katanya.

Anang Setia Sumarsono, M.Si. datang ke basis-basis pemilih sebagai pelayan rakyat yang akan diwakili. Sedangkan, yang didatangi adalah masyarakat dengan berbagai karakter. “Karena itu, satu-satunya yang punya standar universal adalah niat baik dan tulus menjadi pelayan rakyat. Selebihnya, masyarakat yang menilai,” papar Anang pula.

Bersama Kang Ono Surono (Ketua DPD PDI Perjuangan) & Bang Nico Siahaan di GBK Bung Karno. Moment saat pertama kali mendapat informasi menjadi Caleg DPR RI di Jabar 1.

Mojang Priangan

Satu hal yang membuat langkahnya lebih lancar dan mengalir adalah karena ia beristrikan Mojang Priangan. “Benar, Istri saya orang Bandung. Tinggal di Babakan Cibeureum, Kelurahan Cempaka, Kecamatan Andir, Kota Bandung,” ujarnya.

Karena itu pula, sedikit banyak Anang mengenal karakter dan juga ikut merasakan menjadi bagian dari masyarakat di Dapil Jabar 1. Selebihnya ia sosialisasikan nama Anang Setia Sumarsono, M.Si. nomor urut 2 dari Partai PDI Perjuangan serta Visi dan Misi pelayanan dia, termasuk menjelaskan bahwa Pemilu itu adalah Dari, Oleh dan Untuk Rakyat.

Lebih jauh dijelaskan, “Dari Rakyat. Ya saya juga bagian dari masyarakat di Babakan Cibeureum Cempaka Andir Bandung, Oleh Rakyat. Nanti pada tanggal 14 Februari 2024 apabila amanah itu diberikan oleh masyarakat kepada saya untuk menjadi Wakil Rakyat. Ya selama saya menjabat 5 tahun menjadi Anggota DPR RI, semua program, anggaran dan dana aspirasi adalah untuk masyarakat yang memberikan amanah kepada saya untuk menjadi wakilnya,” tutur Anang Setia Sumarsono, M.Si. (rr/a)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *