Connect with us

Kabar

“Behind the Eye”, Pemeran Tunggal Khadir Supartini

Published

on

YOGYAKARTA, JAYAKARTA NEWS – Khadir Supartini pertengahan tahun ini akan mempersembahkan karya-karyanya melalui Solo Exhibition “Behind The Eye”. Lokasi pameran terletak di tengah pusat kota Yogyakarta yaitu Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

Pameran yang digelar Minggu, 25 Juni 2023 akan dibuka oleh Mona Liem (Artpreneur dan Kurator). Acara dimeriahkan oleh penampilan dari Tanah & Friends, Roy Jeconiah ft Totok Tewel. Pameran  berlangsung sepuluh hari, hingga 4 Juli 2023 dengan jam buka pukul 10.00-22.00 WIB.

Pameran ini mengusung tajuk “Behind The Eye”. Terinspirasi dari salah satu judul karya yang dibuat oleh Khadir. Dalam proses perjalanan pameran ini ditemani Aminudin TH Siregar sebagai selektor pengkaryaan dan mendampingi sang seniman untuk menyampaikan ide serta proses yang ingin disampaikan.

Seperti pada pemaparan Aminudin TH Siregar, pameran ini ingin menunjukkan suatu “keberpihakan” Khadir pada narasi kecil, pada hal-hal yang dipersepsikan abnormal, tabu, dan menyimpang. Seni menurut Khadir bisa mengasah selera-selera estetik kita ke suatu ruang yang asing tapi menyenangkan. 

“Behind the Eye” menyuguhkan karya lama dan baru sebagai penyambung dari karya-karya sebelumnya yang akan memperlihatkan perjalanan kekaryaan Khadir Supartini. Tidak berpatok dengan satu macam karya namun Khadir memproduksi berbagai macam karya, mulai dari lukisan, gambar, patung, serta instalasi. Kita akan menikmati lebih dari 80 karya Khadir Supartini dalam pameran ini.

Khadir Supartini merupakan seniman kontemporer yang berasal dari Sleman, Yogyakarta. Dalam proses berkarya ia mengeksplorasi hal-hal yang ditemukan langsung dengan persoalan pribadi maupun pertemuan berjarak dari kejadian sosial, budaya, praktik sehari-hari, dan moralitas manusia secara umum yang kerap muncul di pemberitaan media.

Khadir Supartini sedang berkarya.

Ekspresi Spirit dan Emosi

Oleh sebab itu, penting bagi apresiator seni tidak melewatkan pameran ini untuk menyaksikan dan merasakan wujud ekspresi spirit dan emosi dari karya-karya yang dikerjakan Khadir dalam beberapa tahun belakang. Serta akan menyentuh dan melibatkan suasana hati dan perasaan para penontonnya.

Khadir Supartini sebelumnya juga kerap berpameran di antaranya; “Identitas yang Hidup”, Museum Dan Tanah Liat, Yogyakarta (2021), Solo Exhibition “The Imitation Journey”, Gallery Tujuh Bintang Art Space Jogjakarta, Solo Exhibition “Dilemma”, Gallery Arjuna (Private gallery Dr. Melani Setiawan) Jakarta, dll. Meraih penghargaan “IndoFest Art Award” Nexus Multi Cultural Art, Australia (2014).

Solo Exhibition “Behind The Eye” adalah kali ketiganya Khadir mengadakan pameran tunggal. Diorganisir oleh Manajemen dari Museum Dan Tanah Liat (MDTL). Pameran dibuka untuk umum tanpa reservasi dan tidak diperlukan biaya masuk (gratis). Informasi selanjutnya mengenai Solo Exhibition “Behind The Eye” dapat mengikuti akun media sosial IG/FB @museumdantanahliat dan akun media sosial IG @Khadirsupartini. (pr)

  • Pembukaan Pameran: Minggu, 25 Juni 2023
  • Pameran berlangsung hingga 4 Juli 2023
  • Jam buka pameran: 10.00 – 22.00 WIB
  • Kontak Media
  • Namira: +62 881 7694 769|
  • Email: mdtl.yk@gmail.com
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *