Begini Penampakan Planet “Baru” yang Terbuat dari Batu Safir dan Rubi

TEROBOSAN  baru diraih dalam bidang penelitian luar angkasa. Para ilmuwan dari Universitas Zurich (Swiss) dan Cambridge (Inggris), dikabarkan telah menemukan sebuah planet ekstrasurya, yang  terletak di luar tata surya kita, dan terbuat dari batu rubi dan safir.

Planet yang dinamai Dinamai HD219134b, ini terlihat di rasi bintang Cassiopeia. Jaraknya  21 tahun cahaya dari Bumi, demikian laporan Harian 20Munites (https://www.20minutes.fr). Planet itu dapat diibaratkan sebagai bumi super:  strukturnya berbatu-batu, dan massanya setara dengan hampir lima kali lipat dari planet kita, demikian laporan surat kabar itu.

 

 

Tetapi tidak seperti Bumi, planet ekstrasurya ini, yang terbentuk di lingkungan yang bersuhu sangat tinggi dan sangat dekat dengan bintangnya, mengandung sangat sedikit zat besi, kata peneliti University of Zurich dalam sebuah pernyataannya.  HD219134 b sebagian besar terdiri dari kalsium dan aluminium, dan juga oksida-nya – safir dan rubi.

Mungkin saja planet ini berkilau dengan batu rubi dan safir yang berwarna biru dan merah, karena batu-batu berharga ini adalah aluminium oksida, mengalir di planet luar ini.

 

Planet Tanpa Medan Magnet

Menurut para ilmuwan di Universitas Zurich dan Cambridge, HD219134B adalah salah satu dari tiga planet milik “kelompok eksoplanet baru dan eksotis”. Dua lainnya adalah 55 Cancri e dan WASP-47, menurut Futura Sciences.

Ketiga planet ini memiliki perbedaan karena terbentuk di bawah suhu yang sangat tinggi, dan terdiri dari kalsium, aluminium, tetapi juga magnesium dan silikon. Memiliki sedikit zat besi, mereka tidak dapat memiliki medan magnet seperti Bumi, kata para ilmuwan.

Menurut para peneliti, planet-planet ini juga berbeda dari super-Earth lainnya karena atmosfer dan proses pendinginannya. Jenis exoplanet baru ini bisa lebih umum dari yang diperkirakan, tambah para ilmuwan.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *