Baskara Mahendra, dari ‘Ramadhan Terakhir’ ke ‘Bebas’

 Baskara Mahendra, dari ‘Ramadhan Terakhir’ ke ‘Bebas’

 JAYAKARTA NEWS – Ingat  webseries ‘Ramadhan Terakhir’ yang tayang jelang berbuka puasa? Salah seorang pemerannya  adalah Baskara Mahendra Putra (25 tahun).

Serial Ramadan produksi Line Indonesia ini beberapa tahun yang lalu cukup terkenal dan disukai oleh pemirsa dan penyuka webseries.

‘Ramadhan Terakhir’ berkisah tentang persahabatan 4 cowok tampan, lembut dan soleh.

“Aku didapuk jadi Didit. Pokoknya, persahabatan ini sangat seru dan solid,” lontar Baskara Mahendra yang kata penggemarnya mirip aktor Iqbaal Ramadhan, pemeran Dilan yang meraih sebagai film Box Office tahun 2018 dan 2019.

Tapi, ‘Ramadhan Terakhir’ adalah webseries terakhir yang dibintanginya. Kemudian, Baskara Mahendra pelan tapi pasti mulai melangkahkan karirnya ke dunia film layar lebar.

Debut pertamanya dalam film ‘Lima’ yang disutradarai Lola Amaria. Ia berperan sebagai Adi yang suka membantu temannya yang dibully.

“Aku suka banget peran ini. Hampir selalu tampil main piano. Tapi sayang, di beberapa adegan pemakaman film ‘Lima’ disensor LSF. Padahal, cerita ‘Lima’ memang juga terjadi di tengah keluarga dan masyarakat kita. Ayah saya dimakamkan secara Kristen. Ibu saya meninggal dimakamkan secara Islam, tapi ditolak dimana-mana karena sebelumnya memang dibaptis. Kakak saya Kristen tapi saya muslim. Ini film merupakan pengejawantahan lima sila dalam Pancasila yang divisualisasikan oleh Lola Amaria ke bentuk film agar lebih dimengerti penonton. Banyak masyarakat cuma hafal sila-sila Pancasila, tapi tidak paham makna dan hakekatnya,” cerita Baskara  dalam acara buka bersama (bukber) film ‘Bebas’ di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Berbeda di film ‘Bebas’ yang disutradarai Riri Riza, Baskara kali ini dipercaya berperan sebagai Jojo remaja. Sedangkan peran Jojo dewasa dibawakan Baim Wong.

‘Bebas’ merupakan adaptasi dari film Box Office Korea bertajuk ‘Sunny’. Film ‘Sunny’ meeraih lebih dari 7 juta penonton di Korea tahun 2011,

‘Inti dan ceritanya memang sama, tapi karakter-karakter pelakunya ditransformasi menjadi khas kota Jakarta, Kalau aslinya, pemeran utamanya ada 7 orang, di ‘Bebas’ diubah menjadi 6 orang,” papar Baskara.

Yang lebih hebat lagi, ‘Bebas’ diperankan oleh 24 artis terkenal serta 11 tokoh utama. beberapa pemainnya bisa disebut antara lain Marsha Timothy, Baim Wong, Widi Mulia, Indy Barends, Susan Bachtiar, Sheryl Sheinafia, Lutesha, Jefri Nichol, Amanda Rawles, Giorgino Abraham dll. Film bergenre drama komedi

(dramedi) ini akan beredar di seluruh Indonesia, Oktober tahun ini.

Dunia film memang menjadi pilihan hidup Baskara. Sebelumnya, ia bekerja sebagai karyawan kantoran (tidak disebutkan di perusahaan apa). Semula, ia ingin meniti kariernya berbarengan antara karyawan dan pemain film. Tapi ini jelas enggak bisa. Dan saya harus meninggalkan sebagai karyawan kantoran,” imbuh Baskara yang bergabung bersama Pesona Management.

Ngomong-ngomong, selama puasa Ramadan, Anda menjalaninya secara khusyuk ?

“iya dong. Ini kan termasuk ibadah dan termasuk salah satu dari Rukun Islam yang harus saya percayai dan patuhi. Memang berat sih, tapi alhamdullilah, sampai hari ini (hari ke lima), saya tidak pernah bolong…,” jawab Baskara yang sering lupa mengancing ruitsluiting celana panjang yang dikenakannya.

Ditanya mengenai peran apa yang ingin dia  lakukan, dia menjelaskan,  “Saya ingin dapat pemeran orang aneh, orang gila atau antagonis gitu. Hampir di semua webseries dan film yang saya perankan adalah jadi remaja yang baik dan lembut.”  (pik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *