BAS untuk Kedua Kalinya Bagi-bagi Masker

 BAS untuk Kedua Kalinya Bagi-bagi Masker

Foto bersama pengurus, anggota DPD BAS Sumut dan lainnya di depan markas Kodim 0201/BS Kota Medan. (Foto: Ist)

Jayakarta News – Untuk kedua kalinya Brigade Anak Serdadu (BAS) Dewan Pimpinan Daerah Sumatera Utara (DPD Sumut) melakukan bagi-bagi masker di era pandemi Covid-19. Pertama pembagian sambil Halal Bihalal, Jumat (4/6/2020), kedua menyambut Dirgahayu RI ke – 75, Minggu (16/8/2020).

Yang kedua kali ini bukan hanya masker yang dibagikan BAS DPD Sumut melainkan ditambah dengan bendera merah putih yang kecil, dan cemilan seperti keripik dan tahu Sumedang, itu dibagikan ke 4 titik di Kota Medan.

Pertama dimulai dari Mesjid Perjuangan di Jl. Prof. HM. Yamin SH menuju titik nol Kota Medan, Lapangan Merdeka, kedua di depan Kodim 0201/BS di Jalan Pengadilan, ketiga di depan Koramil 02/MT di Jalan Perintis Kemerdekaan, lalu yang terakhir puncaknya di Tugu Medan Area.

“Pembagian dilakukan secara estafet oleh pengurus dan anggota BAS DPD Sumut, turut hadir pada kesempatan tersebut dari Kodim 0201/BS diwakili Pasiter (Perwira Seksi Teritorial) Kodim, Mayor. Infantri Romi Sembiring, Koramil 02/MT Medan Timur, Danramil Kapt. Kav Bina Satria Sembiring didampingi personil Babinsa dan club sepeda Kota Medan,”ujar Mohammad Azmi Ketua BAS DPD Sumut, Selasa (18/8/2020) melalui telepon seluler.

Ketua DPD BAS Sumut, Mohammad Azmi saat memberikan masker kepada pengendara. (Foto: Ist)

Dalam kegiatan tersebut ada sebanyak 1500 masker, bendera merah putih juga 1500 dan cemilan hasil dari UMKM BAS DPD Sumut ikut dibagikan kepada pengguna jalan, seperti sepeda motor, mobil juga pejalan kaki tetapi dengan catatan diberikan kepada yang tidak menggunakan masker.

“Animo masyarakat tampak antusias melihat kegiatan yang dilakukan BAS DPD Sumut untuk menerima pembagian masker, bendera merah putih serta cemilan hasil UMKM dari DPD Sumut BAS, dan berharap BAS ini terus dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk membesarkan UMKM dan membiaskan menggunakan masker di era pandemi Covid-19,”jelas Azmi.

Lanjut Azmi untuk saat ini BAS DPD Sumut telah memiliki 17 cabang UMKM di Kabupaten/Kota, antara lain Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Langkat, Binjai, Rantau Prapat Induk, Labuhan Batu dan lainnya, saat ini masih terbatas UMKM yang telah berjalan seperti pembuatan cemilan atau snack, seperti keripik, tahu Sumedang, pengelasan, stealing. Untuk Sumedang sudah memiliki 10 outlet yang tersebar di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

Program BAS DPD Sumut

Bas memiliki program kerja jangka panjang dan pendek, jangka pendeknya yaitu pertama BAS akan berusaha semaksimal mungkin akan mengembangkan UMKM di masa pandemi Covid-19 untuk meningkatkan taraf hidup keluarga besar anak-anak serdadu.

Kedua DPD BAS Sumut akan bekerjasama dengan pemerintah daerah khususnya Sumut dan Kota Medan sebagai barometer untuk meningkatkan taraf hidup Warakauri (para istri atau janda keluarga TNI) dengan memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah khususnya Kota Medan dikarenakan kondisi pandemi Covid-19.

Ketiga BAS akan bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Sumatera Utara. Bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada pemuda-pemudi yang putus sekolah di kalangan keluarga BAS agar mendapatkan keterampilan yang langsung dapat dipraktekan di tengah masyarakat. Misalnya salon, pengelasan, hotel dan lainnya.

Beberapa pengurus BAS DPD Sumut, yang turut hadir, Sekretaris Fitri Ani, Bendahara Asrian Simanjuntak, Ketua OKK Gunawan Wibisono, Ketua Srikandi DPD BAS Sumut Rodiyah Siregar dan Dewan Penasehat Kodratwisnu Sugeng dan lainnya. (Monang Sitohang)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *