Bantuan Masker dan Vitamin untuk Warga Miskin Terdampak Pandemi

 Bantuan Masker dan Vitamin untuk Warga Miskin Terdampak Pandemi

(Foto: Kemensos)

JAYAKARTA NEWS –  Untuk memutus penyebaran Covid-19, Kementerian Sosial RI menggandeng pilar-pilar sosial untuk membagikan paket masker dan vitamin bagi masyarakat tidak mampu dan atau yang terdampak pandemi Covid-19.

“Paket masker dan vitamin akan dikirimkan melalui PT Pos Indonesia yang sebelumnya sudah lama dipersiapkan tapi karena terkendala ketersediaan vitamin jadi baru hari ini diluncurkan,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini saat Peluncuran Bantuan Sosial Masker dan Vitamin untuk Masyarakat Tidak Mampu dan atau  Terdampak Pandemi Covid-19 di depan Gedung Aneka Bhakti, Salemba, Jakarta, Jumat (27/8) pagi.

Paket masker dan vitamin tersebut, kata Mensos, akan didistribusikan melalui Karang Taruna di 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia dalam bentuk yang sudah dikemas dan tinggal didistribusikan. 

“Untuk di setiap kabupaten/kota mendapatkan 1.270 paket atau senilai Rp 50 juta dan didalam setiap paketnya berisi 7 lembar masker ditambah vitamin C, D dan Zink,” katanya.

Ide penyaluran masker dan vitamin dari Karang Taruna, usai menggelar video conference dengan seluruh Karang Taruna di seluruh Indonesia dan sudah disampaikan betapa pentingnya keterlibatan pilar-pilar sosial dalam upaya memutus penyebaran Covid-19.

“Iya, sebelumnya kami ucapkan terima kasih kepada Karang Taruna DKI Jakarta yang telah membantu pengemasan masker dan vitamin hingga mereka harus lembur,” ungkap Mensos.

Sebelumnya, Mensos merekomendasikan kepada Karang Taruna dalam mendistribusikan masker dan vitamin tidak langsung di perempatan jalan, melainkan per kecamatan karena selain dinilai tidak sehat, juga menghindari potensi akan terjadinya kerumunan masyarakat.

Untuk mempercepat distribusi paket masker dan vitamin Kementerian Sosial juga akan mengirimkan melalui alamat sekretariat Karang Taruna dan jika tidak ada alternatif lain bisa melalui Dinas Sosial di setiap daerah. 

“Kami memberikan peranan bagi anak-anak muda supaya berkontribusi nyata kepada bangsa dan negara yang sedang membutuhkan semangat gotong-royong dalam mengatasi pandemi Covid-19,” tandas Mensos.

Dalam kesempatan tersebut, secara simbolis Mensos melepas mobil box PT Pos Indonesia yang diberangkatkan untuk mengirim paket masker dan vitamin ke tiga Provinsi, yaitu Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. (*/mel)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *