Bangku Sembiring, Ketua Umum KPUM Sah

 Bangku Sembiring, Ketua Umum KPUM Sah

Ir Bangku Sembiring, Ketua Umum KPUM terpilih saat diwawancarai awak Media. (Foto. Monang Sitohang)

JAYAKARTA NEWS – Ir Bangku Sembiring sah terpilih sebagai Ketua Umum KPUM (Koperasi Pengangkutan Umum Medan) periode 2022-2027. Ia terpilih secara aklamasi melalui Rapat Anggota  Tahunan (RAT) Luar Biasa. RAT diselenggarakan Kamis (6/10) di Wisma Benteng, Jln. Maulana Lubis, No. 06. Medan.

Dasar hukum RAT adalah UU No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian. Di samping, ADRT KPUM Medan dan Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) Republik Indonesia No. 19/PER/UMKM/IX/2015.

Turut hadir sejumlah Forkopimda, salah satunya France Sidauruk dari Dinas Koperasi Medan. Ia mewakili sekaligus membacakan kata sambutan Walikota Medan, Bobby Afif Nasution.

RAT dihadiri 156 anggota KPUM. Mereka dibagi tiga kelompok oleh panitia RAT. Ketiga kelompok dipersilakan mewakili untuk bertanya, memberi saran dan mengungkapkan keluhan dan lainnya.

Saat berjalannya proses RAT terdengar teriakan sejumlah anggota KPUM mengatakan, “Mari kita dukung Ir. Bangku Sembiring jadi Ketua KPUM.”

Para anggota tahunan begitu antusias Ir. Bangku Sembiring agar bersedia dipilih menjadi Ketua Umum, melalui formatur tunggal. Dan usulan para anggota KPUM ini kemudian disepakati. Walaupun dalam rapat tersebut Ir. Bangku Sembiring mengatakan,”Apakah ada calon lain?”

Serentak anggota KPUM yang hadir menjawab, “Tidak ada.”  Akhirnya Ir. Bangku Sembiring terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum KPUM.

Ir. Bangku Sembiring Ketua Umum KPUM periode 2022-2027 berfoto bersama pengurus usai RAT Luar Biasa KPUM. (Foto. Monang Sitohang)

Keluhan-keluhan Anggota

Secara aklamasi ia pun diamanahhkan menjadi Ketua Umum KPUM oleh 156 anggota KPUM yang hadir saat RAT. Ia berjanji akan menindaklanjuti keluhan-keluhan anggota KPUM yang telah diungkapkan saat RAT tadi. Antara lain trayek-trayek yang selama ini sudah tidak jalan no 14, 74, D95, 25,18 dan lainnya, akan  diselamatkan.

Pengurus akan membuat kebijakan tanpa pemungutan iuran selama 1 bulan pertama kemudian kenyamanan dijaga operasionalnya.

“Saya bersama pengurus mengajukan permohonan ke pemerintah, pendapatan di bawah 3 juta dapat santunan 4 bulan atas kompensasi naiknya BBM. Tujuannya semua anggota KPUM yang sekarang ini dibantu,” jelas Bangku Sembiring.

Walikota Medan Bobby Nasution yang diwakili France Sidauruk mengatakan Koperasi pengangkutan umum Medan saat ini dihadapkan dengan perubahan zaman. Perang teknologi dalam segala hal telah membuat perubahan besar-besaran dalam segala sektor termasuk sektor transportasi.

“Saya sebagai Ketua KPUM bersama pengurus akan mendiskusikan  hal tersebut untuk siap menghadapi perkembangan era digital. Apalagi koperasi kan pilar ekonomi masyarakat. Maka kita harus dapat mengikuti perkembangan zaman bukan malah menolaknya,”ujar Bangku Sembiring.

Ia berharap bisa mengemban amanah, mengembangkan dan memajukan KPUM. Setidaknya seperti sebelumnya yang pernah menjadi juara 2 kali berturut-turut di seluruh Indonesia, juara tingkat koperasi. Tentunya itu merupakan suatu kebanggaan masyarakat Sumut umumnya dan khususnya bagi Pemko Medan.

Adapun hasil RAT Luar Biasa KPUM masa bakti 2022-2027 antara lain, Ketua Umum, Ir. Bangku Sembiring, Sekretaris Josep Ginting, Bendahara Julianta Bangun. (Monang Sitohang)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.