Balkan Siap Meledak Lagi

 Balkan Siap Meledak Lagi

NEGARA-negara bekas Yugoslavia atau kawasan Balkan mengalami kemunduran signifikan dan makin lama makin dekat dengan konflik terbuka antar etnis, seperti era perang 1990-an. Saat ini, titik panas, yang bisa menjadi pemicu konflik terbuka ada di Kosovo dan Makedonia.

Ljubinka Milinčić, editor di Radio Sputnik yang dimiliki Rusia di Beograd, menjelaskan krisis di seluruh Balkan merupakan masalah yang dimulai dari era 1990-an, ketika masyarakat internasional mengintervensi perang saudara yang pecah setelah Yugoslavia runtuh. “Masalah di kawasan ini sudah terlalu lama disembunyikan.”

Ada bayang-bayang ketegangan antara etnis Serbia dan Albania di Kosovo dan Makedonia.Sementara banyak diplomat Eropa Barat dan para analis mengklaim Rusia mengintervensi upaya Montenegro masuk NATO dan Uni Eropa (UE).Solusi politik, yang diterapkan masyarakat internasional, dalam 25 tahun terakhir sudah efektif mencegah merebaknya konflik terbuka.Namun dipandang tidak mampu bertahan lama dan perlu diganti dengan solusi berbeda.

“Mengupayakan perluasan NATO dan dukungan Amerika bagi kelompok Muslim di Albania adalah kebijakan-kebijakan yang bisa berubah, ujar Milincic,yang mengulang pandangan Rusia. “Tapi dengan Trump, orang sekarang melihat jika sebelumnya anda disebut seorang nasionalis maka artinya anda adalah seorang rasis. Sekarang, anda hanyalah seseorang yang mencintai negeri anda.”

“Persoalan dengan Bosnia, Kosovo, dan Makedonia adalah mereka bukanlah sebuah negara. Mereka adalah proyek dan proyek itu sedang runtuh,“ tukasnya. Demikian berita yang dikutip dari tulisan Mitch di Prothero Buzzed.com. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *