Connect with us

Kabar

Ayam Bulungan yang Melegenda

Published

on

JAYAKARTA NEWS, JAKARTA – Anda pernah tinggal di daerah Jakarta Selatan, tentu pernah mencicipi, setidaknya mengunjungi Resto Ayam Bulungan (AB). Tahun 1980-an kawasan Blok M dan sekitar putaran Jalan Bulungan terkenal sebagai tempat berjualan dan resto-resto aneka makanan.

Di sana tersedia jajanan kelas gerobak dorong sampai resto berkelas. Bahkan, resto Jepang dan Eropa yang kala itu belum menjamur di daerah lain, sudah bercokol di daerah itu.

Resto Ayam Bulungan yang legendaris. (foto: handini)

Nah, kembai ke Ayam Bulungan. Cita rasa ayam di sini sangat khas. Tak heran jika resto yang menempati bangunan dua lantai ini selalu ramai pengunjung. Umumnya mereka mengatakan, “Rasa Ayam Bulungan beda dengan ayam goreng di tempat lain.”

Jika dilihat dari ukuran, atau porsi, tampak lebih kecil. Wajar, sebab di sini hanya menyajikan ayam kampung yang gurih. Rasa ayamnya bisa dikatakan antara ayam goreng dan ayam panggang tanpa kecap. Khas sekali rasa masakan Jawa Tengah.

Kiri: Salah satu sudut ruang di Resto Ayam Bulungan. Kanan: Ayam Bulungan yang melegenda. (foto: handini)

Jika lidah bisa bicara, ia akan mengatakan bahwa cita rasa ayam goreng Bulungan sedikit lebih manis dan lebih gurih. Mendekati ayam bacem. Tentu itu jika Anda membandingkannya dengan ayam goreng di resto-resto terkini.

Berdiri 1973

Meski sudah berdiri sejak tahun 1973, hingga kini keberadaannya masih tetap eksis. Pengunjung masih tetap memenuhi resto ini, bahkan uñtuk pengunjung datang lebih dari delapan orang, harus reservasi terlebih dulu. Seperti saat kami ingin berbuka puasa beberapa waktu yang lalu.

Menu “Tahu Telor” yang ada di Resto Ayam Bulungan. (foto: handini)

Manurut seorang pegawai resto yang sudah terlihat senior, pengunjung resto AB ini, selain para pengunjung orang kantoran, merek umumnya pengunjung dengan usia di atas 40 tahun. Usia matang yang mengutamakan kualitas dan rasa.

Konon, selama 50 tahun keberadaannya, resto yang spesial menyajikan hidangan Jawa Tengah ini terus  mempertahankan kualitas rasa makanan yang disajikan. Selain ayamnya yang sudah sangat melegendaris, menu lain yang tersedia antaranya: Soto ayam, gudeg lengkap, tahu telur kecap, sate ayam jumbo, karedok gado gado, cah kangkung, sayur asem dan lainnya.

Untuk harga seekor ayam goreng AB dipatok Rp 120 ribu. Atau Anda bisa pesan makanan per paket yang dihargai sekitar Rp 50 ribu (1/4 ayam, lalapan dan sayur asem).

Resto yang menempati lantai dua ini cukup luas dan nyaman. Tersedia beberapa meja di bagian luar yang mengarah ke Jalan Bulungan. Tersedia bagi mereka yang terbiasa merokok, dan tidak suka dengan AC. Di beberapa sudut juga terlihat foto-foto pelanggan AB yang juga tokoh tokoh masyarakat dan selebriti.

Resto AB buka setiap hari, mulai pukul 10.30 hinga  22.00 WIB. (nin)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *