Asyik, Jakarta Wacanakan Angkot Ber-AC

 Asyik, Jakarta Wacanakan Angkot Ber-AC

MUNGKIN tak terbayangkan jika angkutan kota (angkot) yang notabene gerah, panas, ditambah lagi sering ngetem sehingga membuat penumpangnya resah, diwacanakan nantinya angkot yang beroperasi di Jakarta ber-AC.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mempertimbangkan angkutan perkotaan dengan fasilitas penyejuk udara alias AC, sebagai standar angkot terintegrasi bus Transjakarta yang selama ini sudah berjalan.

Sekda DKI Jakarta, Saefullah, menyatakan standar fasilitas tersebut sebagai bagian untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga agar peristiwa penyanderaan dalam angkot tak kembali terulang. “Makanya dengan sistem ini nanti kita evaluasi secara menyeluruh, bagaimana tingkat kenyamanannya, berarti harus ada AC,” ujarnya di Balai Kota Jakarta, hari ini.

Integerasi angkot dengan bus Transjakarta mulai berlaku sejak 2 April lalu dengan penandatanganan kerjasama anatra KWK dengan PT. Transjakarta. Layanan gratis angkot KWK itu berlaku tiap pukul 05.00-09.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB. Penumpang cukup membeli kartu seharga Rp 15.000 untuk sebulan, agar bisa naik angkot KWK (jurusan tertentu) secara gratis. Namun Transjakartanya tetap bayar seperti biasa.

Sejumlah trayek angkot yang sudah terintegerasi antara lain Tanjung Priok-Balakturi, Kelapa Gading-Terminal Rawamangun, Semper-Tipar Cakung, dan Pulogadung-Pejuang Jaya. Kemudian Rawamangun-Klender, Terminal Cililitan-Condet, Cililtan-Munjul, Pondok Labu-Pasar Kebayoran Lama, Lebak Bulus-Petukangan, dan Rawa Buaya-Grogol.

Sekda menyebutkan, integerasi moda transportasi umum secara otomatis akan merubah standar yang selama ini diterapkan angkot. Misal, para pengemudi tidak akan lagi ngetem atau ugal-ugalan untuk mengejar setoran.

“Nanti mungkin ada verifikasi lagi terhadap para pengemudinya, bukan hanya persayaratannya SIM B 1 ya, tapi terus juga mereka dicuci pikirannya supaya perilakunya bagus, bahwa ini mengendarai jiwa orang yang menumpang dan seterusnya, keselamatan orang di jalan,” ungkap Saefullah. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *