Connect with us

Kabar

Ashoka Young Changemakers bersama Forum Anak Nasional Membangun Gerakan ‘Everyone a Changemaker’

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Sebanyak 760 anak-anak Indonesia dari 34 propinsi di Indonesia yang tergabung dalam Forum Anak Nasional dan Ashoka Young Changemakers, berbagi ide bagaimana anak-anak bisa menjadi pelopor perubahan dan berpartisipasi aktif di masyarakat.

Acara webinar #YOUthincharge digelar Rabu (21/7/2021) ini juga bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA), bertujuan membangun kesadaran bahwa setiap anak bisa menjadi pembaharu dan berkontribusi kepada masyarakat.

‘Youth in Charge’ dipilih menjadi tema webinar sebagai penegasan pemberian wewenang dan tanggung jawab kepada anak muda untuk memimpin sebuah perubahan, sebagai upaya mengembangkan gerakan ‘Everyone a Changemaker’ bersama.

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam pidato pembukaan diskusi menyatakan, Forum Anak dibentuk untuk pemenuhan hak anak berpartisipasi dalam masyarakat. “Forum Anak merupakan ruang yang dapat membangun budaya integritas dalam diri anak-anak,” ujarnya.

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati

Dalam Forum Anak, anak-anak dapat berpartisipasi menjadi pelapor bagi pelanggaran atas hak anak dan pelopor bagi perkembangan anak yang maksimal. Sampai saat ini Forum Anak Nasional telah dilaksanakan di 458 kota/kabupaten, 1.625 kecamatan dan 2.905 desa.

Direktur Regional Ashoka Asia Tenggara, Nani Zulminarni percaya bahwa sebuah dunia di mana setiap orang menjadi pembaharu dapat dicapai dengan mengubah paradigma tumbuh kembang anak, yang tidak saja mendapat akses akan pendidikan, tetapi juga mendapat kesempatan untuk menumbuhkan empati dan melatih superpower-nya sebagai changemaker.

“Presiden Soekarno pernah berkata, ‘Beri aku seribu orang tua, niscaya kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia’. Untuk mengubah dunia, dibutuhkan anak-anak muda yang memiliki visi, semangat, dan komitmen untuk perubahan,” kata Nani.

Direktur Regional Ashoka Asia Tenggara, Nani Zulminarni

Ini, lanjut Nani, alasan Ashoka amat menyambut kerja sama dengan Forum Anak Nasional untuk bersama-sama mengajak anak-anak muda Indonesia menjadi pelopor, penggerak, pembaharu bagi masyarakat.

Sejumlah pembicara dihadirkan dalam webinar ini, yang sebagian besar juga masih anak-anak, yaitu Angela Lesmana (Ashoka Young Changemaker dari Surabaya), Alvian Wardhana (Ashoka Young Changemaker dari Pelaihari, Kalimantan Selatan), dan Ketua Forum Anak Nasional 2019 – 2021 Tristania Faisa Adam.

Pembicara lainnya adalah Ayu Saraswati (Putri Indonesia Lingkungan 2020) dan Diena Heryana, pendiri Yayasan Semai Jiwa Amini (SEJIWA) yang bergerak di bidang anti-bullying dan keamanan internet untuk anak-anak.

Setelah panel diskusi dari para pembicara, para wakil Forum Anak Nasional dari berbagai daerah mendiskusikan langkah-langkah apa yang dapat mereka ambil untuk menjadi pembaharu.

Ashoka berharap, nantinya dapat bersinergi dengan Forum Anak Nasional untuk menciptakan ruang bagi anak-anak untuk mengembangkan ketrampilannya sebagai pembaharu. (ont)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *