Antara Kiama dan Klayar

 Antara Kiama dan Klayar

YANG satu di Australia, yang satu di Pacitan. Jauh. Tapi ini bicara tentang pantai yang memiliki keunikan sama, yakni blowhole alias lubang semburan air laut yang eksotik. Di Pantai Klayar Pacitan, semburan air muncul di sejumlah titik. Terkadang bisa sangat tinggi membubung ke angkasa. Terkada, hanya letupan kecil saja.

Nah, di pantai Kiama, letupan air laut ada di satu lubang besar berdiameter kurang lebih 10 meter. Setiap semburan kencang, bisa mencapai ketinggian 80 kaki, atau hampir 25 meter. Yaaa, kurang lebih sama dengan semburan yang terjadi di Pantai Klayar, Pacitan. Bedanya, kalau di Kiama hanya ada satu lubang besar, sementara di Klayar ada banyak lubang kecil.

Menelisik asal-usulnya, pantai Kiama berasal dari kata “Kiarama”, bahasa Aborigin, warga asli Australia. Kiarama artinya “tempat di mana laut membuat suara”.

Letaknya yang relatif dekat, hanya sekitar 120 km dari kota Sydney, membuat lokasi ini ramai dikunjungi sepanjang musim. Tak kurang dari setengah juta wisatawan asing dan lokal berkunjung ke kota pantai Kiama setiap tahun. Dari Sydney, lokasi ini bisa dijangkau dengan mobil atau kereta api.

Di sisi pantai yang lain, Kiama menawarkan ombak besar yang menarik bagi para peselancar. Di sepanjang garis pantai, juga disediakan taman-taman karawan dan aneka kafe serta resto. Tertarik ke sana? Sebaiknya, kunjungi Pantai Klayar dulu. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *