Ambisi Lenovo ThinkPad X1 Extreme ‘Membunuh’ MacBook Pro

 Ambisi Lenovo ThinkPad X1 Extreme ‘Membunuh’ MacBook Pro

LENOVO ThinkPad X1 Extreme membawa misi: untuk membunuh MacBook Pro 15. Terompet perang itu menurut editor eksekutif PCWorld, Melissa Riofrio,  disampaikan perwakilan Lenovo.

Kepada Melissa dia mengatakan,  bahwa kehadiran ThinkPad X1 Extreme,  “ini adalah pembunuh MacBook Pro.”

“Keyboard kupu-kupu MacBook yang payah vs keyboard ThinkPad legendaris? Tidak ada kontes. Akhir cerita,” kata Melissa.

”Tapi perjuangannya nyata: Meskipun MacBook Pro 15 terbaru mengalami beberapa masalah kinerja sebelum Apple menemukan perbaikan, merek ini masih membawa cap tertentu dengan pengguna korporat. Heck, itu masih sering saya lihat di laparan sesama saat saya naik kereta api untuk bekerja.”

Untuk menghadapi musuh yang tangguh ini, Lenovo telah membentangkan ThinkPad X1 Extreme, yang terbaru, untuk mengakomodasi layar 15 inci (yang sebelumnya maksimal 14 inci). Bahkan ditambahkan grafis Nvidia untuk pertama kalinya. Diumumkan Kamis malam di IFA di Berlin, Jerman, ThinkPad X1 Extreme akan dikirim pada bulan September dengan harga mulai dari $ 1,860.

 

Tidak, itu tidak murah, dan harganya naik saat Anda memilih opsi yang lebih tinggi. Tetapi pertimbangkan ini: MacBook Pro 15 dengan harga terendah dimulai pada $ 2,399. Jadi, jika Anda memilih MacBook Pro 15, Anda mengalami lebih dari $ 500 dalam lubang dibandingkan ThinkPad X1 Extreme, dan Anda bahkan belum meningkatkan apa pun.

Apple selalu mengenakan harga premium untuk produknya, jadi ini bukan berita. Tetapi ketika laptop adalah keputusan bisnis, harga MacBook Pro yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan ThinkPad X1 Extreme bisa menjadi apa yang membunuh pada akhirnya.

Berikut ini spesifikasi  ThinkPad X1 Extreme, dengan perbandingan ke MacBook Pro 15:

CPU: Hingga Core i7 generasi ke-8 dengan vPro. Lebih khusus lagi, ini adalah prosesor mobile Coffee Lake H yang terkenal, keluarga yang sama dari Apple yang menarik CPU untuk MacBook Pro 15. Apple juga menawarkan prosesor Core i9 top-of-the-line sebagai opsi, yang Lenovo akan mulai menawarkan pada bulan Desember untuk ThinkPad X1 Extreme (tidak pada saat peluncuran).

Memori: Hingga 64GB DDR4 RAM di 2.666MHz. MacBook Pro 15 menawarkan hingga 32GB memori DDR4, dengan kecepatan 2.400MHz yang sedikit lebih lambat.

Layar: Layar 15,6 inci hadir dalam dua pilihan: Full HD (1920×1080) IPS dengan anti-silau dan kecerahan maksimum 300 nit; atau layar sentuh IPS 4K dengan kecerahan maksimum 400 nit. Layar 15,4-inci MacBook Pro 15 adalah skosh yang lebih kecil tetapi menggunakan teknologi layar Retina yang dihormati oleh Apple. Ini memiliki resolusi 2880×1800 dan kecerahan maksimum 500 nits

Displai: Nvidia GeForce GTX 1050 Ti Max-Q. Ini adalah solusi grafis mid-range Nvidia, pilihan yang solid untuk mengedit foto dan video, dan bahkan bermain game. Ini adalah pemandangan yang lebih baik dari AMD Radeon Pro 555X atau opsi 560X yang ditawarkan untuk MacBook Pro.

Penyimpanan: Hingga dua PCIe SSD 1TB dengan kemampuan RAID 0/1. MacBook Pro hanya membutuhkan satu SSD, tetapi menawarkan kapasitas mulai 256GB (hanya pada model $ 2,399) hingga 4TB.

Port: Meskipun keduanya menawarkan jaringan nirkabel, tidak menawarkan ethernet (ThinkPad X1 Extreme menawarkannya melalui dongle).

Lenovo ThinkPad X1 Extreme memiliki dua port Thunderbolt 3 serta dua port USB 3.1 Tipe A.
Ports: ThinkPad X1 Extreme membagi perbedaan antara perangkat lama dan yang akan datang, dengan dua USB 3.1 (Gen 1) Tipe A dan dua Thunderbolt 3, plus HDMI 2.0 dan slot kartu SD. MacBook Pro 15 mengatakan Anda membeli dongle sendiri, menawarkan empat port Thunderbolt 3.

Baterai: 80Whr, hingga 15 jam dengan muatan penuh. MacBook Pro 15 memiliki baterai 83.6Wh dan kehidupan yang diproyeksikan hingga 10 jam dengan muatan penuh. Jarak tempuh Anda akan bervariasi, tentu saja. Resolusi yang lebih tinggi atau pengaturan tampilan yang lebih cerah akan menggunakan lebih banyak daya baterai, misalnya.

Berat: 3,75 kilogram. MacBook Pro sedikit lebih berat dengan berat 4,02 pound.

Dimensi: 14,24 x 9,66 x 0,72 inci. MacBook Pro 15 sedikit lebih kecil, pada 13,75 x 9,48 x 0,61 inci.

 

Mari kita lihat beberapa fitur lain.

ThinkPad X1 Extreme menggunakan empat lapis serat karbon yang diperkuat pada tutupnya.
Kualitas pembuatan tampaknya sesuai dengan level tinggi ThinkPad yang biasa. Penutupnya terdiri dari empat lapis serat karbon yang diperkuat. Cangkang dari paduan aluminium di bagian bawah tahan lama dan juga membantu menghilangkan panas.

Pertanyaan keyboard bukanlah masalah kecil. Banyak yang telah menyesali keyboard saklar kupu-kupu yang mulai dimasukkan Apple ke dalam MacBook-nya. Perjalanan yang singkat dan keandalan yang tampaknya kurang tajam membuatnya hanya memiliki sedikit teman.

Sementara itu, keyboard ThinkPad adalah salah satu kekuatan merek dagang dari lini produk. Ini memiliki 1.8mm perjalanan yang luar biasa. Bahkan masih memiliki alat navigasi Pelacak-nub, juga tombol trackpad dan mouse asli. Laptop ini seharusnya dirancang untuk pekerjaan nyata. Ketika datang ke komponen keyboard mendasar, ThinkPad X1 Extreme dilengkapi dengan jauh lebih baik.

Terakhir adalah satu hal yang tidak dapat dicocokkan oleh MacBook Pro: Dukungan pena (apalagi menyentuh dukungan apa pun, selain Bilah Sentuh). ThinkPad X1 Extreme menyertakan pena sendiri — meskipun eksternal, tidak disimpan dalam chassis — sehingga Anda dapat menggunakannya dengan fungsi pena Windows 10.***

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.