Air Terjun Kahatola yang Langsung ke Laut

 Air Terjun Kahatola yang Langsung ke Laut

PERNAH melancong ke Halmahera? Ya, banyak hal yang dapat Anda temui di sana, terutama keindahan alamnya yang sangat luar bisa. Selain lautnya yang jernih, juga ada air terjun Kahatola di daerah Loloda yang airnya langsung jatuh ke laut.

Untuk mengunjungi  Kepulauan Loloda Selatan,dari Jailolo dengan  menyusuri pesisir barat Halmahera dengan menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam menggunakan speed boat. Saat cuaca cerah, pelayaran  bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam.  Namun, bila gelombang cukup tinggi, bisa lebih sampai 4 jam.

Ini karena akses menuju Loloda Selatan hanya bisa  melalui laut. Asikya  sepanjang perjalanan tersaji  pemandangan alam yang mempesona, deretan tebing bak pagar alam.

Kepulauan Loloda adalah kecamatan yang terdiri dari gugusan kepulauan di Halmahera Barat,terdiri dari beberapa pulau. Di lautnya ada ikan lumba-lumba yang rajin mengikuti kapal.  Seperti di film, perlahan-lahan di kejauhan terlihatlah Air Terjun Kahatola.

Air terjun ini bermuara di sebuah tebing dan langsung jatuh ke laut menjadikan sebuah pemandangan menakjubkan. Konon, air terjun ini bukan berasal dari aliran sungai. Tetapi, dari rembesan air hujan dan embun yang terkumpul di sebuah cekungan di atas tebing, lalu jatuh sebagai air terjun. ***

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.