Air Terjun Jembong di Bali

 Air Terjun Jembong di Bali
Air terjun Jembong di Buleleng, yang masih asri.

AIR terjun ini bernama Jembong. Letaknya di Kabupaten Buleleng. Air terjun ini bisa dibilang lain dari yang lain, karena mendapat perhatian untuk penataan wisata yang sangat rapih.

Objek wisatanya dikelola masyarakat setempat dimana keindahan dan kebersihan sangat terjaga.  Hampir di setiap titik terdapat sebuah bak sampah, jadi orang tidak akan menemukan sampah berserakan.

Karena dikelola secara bersama-sama oleh penduduk Dusun Jembong, maka harga tiket masuknya seikhlasnya. Di pintu akses masuk air terjun Jembong ada taman yang indah dengan beberapa kolam ikan dan penataan tanaman yang indah. Di beberapa sudut ada beberapa kolam ikan, salah satu di antaranya ada kolam bernama kolam selfie.

Kalau air terjun biasanya berlokasi di kaki lembah, ini pengunjung malah naik ke atas ke sebuah bukit untuk mencapai air terjun. Walaupun posisi air terjun berada atas bukit tapi jalanya tidaklah terlalu jauh hanya 200 meter saja dari parkiran.

Ada dua tingkat air yang jernih, berarus deras dan bebatuan, jadi airnya tidak jatuh langsung ke kolam dibawahnya tapi terbentur bebatuan dahulu. Tepat dibawahnya ada sebuah kolam dan pengunjung bisa berenang di dalamnya. Kedalaman air pada kolam tingkat atas sekitar dada orang dewasa.

Air terjun ini berada di Dusun Jembong,  Desa Ambengan berbatasan dengan Desa Gitgit yang juga terkenal dengan wisata air terjunnya. Dari kota denpasar berjarak kurang lebih 80 kilometer dan dua jam berkendara menggunakan kendaraan bermotor. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *