Connect with us

Entertainment

Adriyanto Dewo Bikin Film ‘Kajiman, Iblis Terkejam Penagih Janji’

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Siapakah makhluk gaib terkuat dan terkejam? Dalam mitos budaya Jawa, iblis terkuat adalah Kajiman. Iblis ini bisa dijadikan khodam (bisa berkomunikasi dengan jin) untuk pesugihan.

Sosok iblis ini akan mendekati manusia untuk dipengaruhi agar ikut dalam aliran sesat .
“Unsur kebudayaan dan mitologi Jawa seperti primbon dan weton akan ikut digambarkan dalam film,” ujar sutradara Adriyanto Dewo yang membuat film jenis horor bertajuk ‘Kajiman Iblis Terkejam Penagih Janji”.

Dikatakan sineas yang pernah membuat film berjudul ‘Tabula Rasa’ dan ‘Mudik’ ini, mengangkat tema pesugihan karena ilmu hitam dan aliran sesat selama ini masih dipercaya sebagian masyarakat sebagai jalan pintas guna meraih sesuatu yang mereka inginkan.

“Enggak hanya dilakukan di pedesaan, tapi ternyata juga ada di perkotaan. Lalu kami cari cara bagaimana membangun horornya seperti yang terjadi sehari-hari,” urai sutradara lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) jurusan Film dan Televisi.

Kali ini, Adriyanto mrnggabungkan segi drama dan horor. Proses pembuatan film ini cukup menantang.

“Karena kalau horor enggak mau tanggung-tanggung. Harus ngeri sekalian,” seru Adri.
Di film ini, Kajiman sosok iblis terkejam yang disembah dengan mantra Jawa melalui pesugihan. Konon menurut kepercayaan Jawa, hanya pewaris weton Selasa Kliwon yang dipercaya dapat menaklukkan Kajiman. Namun, di sisi lain, keberadaannya juga diburu oleh pengikut Kajiman untuk dijadikan tumbal pesugihan.

Film produksi Visionari Capital dan Relate Films ini dimeriahkan jajaran pemain yakni Aghniny Haque, Jourdy Pranata, Tyo Pakusadewo, Mian Tiara, Ully Triani dan aktor Malaysia, Iedil Dzuhrie Alaudin.

“Aku bangga dan happy banget sama film Kajiman. Nilai plusnya, aku enggak pernah menemukan film horor yang ceritanya sangat kuat,” kata Aghniny Haque, pemeran utama wanitanya.

“Aku yakin penonton akan penasaran dengan ending cerita dari film ini,” imbuh Aghniny.
Sedangkan Jourdy Pranata mengaku tertarik mengambil tawaran main film ini karena ada sentuhan budaya lokal didalamnya.

“Disini horornya bukan sensasi teriak-teriak saja tapi juga ngejar ke mental,” beber Jourdy Pranata.

Kengerian apa yang akan dihadapi Agniny Haque dan Jourdy Pranata dalam Kajiman, nantikan tayang serentak di bioskop 18 Mei 2023. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *