Achmad Zulham Ketua Umum Ikaba

 Achmad Zulham Ketua Umum Ikaba
Tiga kandidat calon Ketua Umum Alumni BPLP/Akpar – Poltekpar Medan, periode 2019-2021, kiri Achmad Zulham, tengah Muhammad Amel Siregar, M. Darwin. Secara aklamasi forum memutuskan Achmad Zulham menjadi Ketua.

Direktur Poltekpar Medan Dr. Anwari Masatip S.Sos membuka ajang pemilihan langsung Ketua umum ikatan Alumni BPLP/Akpar – Poltekpar Medan, periode 2018-2021. Turut hadir Kabag Umum  Zumri Sulthony, S.Sos., M.Si, CHE, Pudir III Iwan Riadi dan lainnya. Acara diselenggarakan di Hotel Achmad Tahir, Kampus Poltekpar Medan, Jalan. Rumah Sakit Haji No. 12, Jumat (23/11).

Pemilihan Ketua Umum Ikatan alumni ini diikuti tiga kandidat yakni, nomor urut 1. Achmad Zulham dari Prodi room division managemen (RDM) 2001, Muhammad Amel Siregar (2) prodi food produktion (FPR) 1997 dan M. Darwin (3) prodi room division supervisor (RDS) 1996.

Di sela acara pemilihan, Direktur Poltekpar mengatakan momen yang pas dan lebih bagus, setelah 27 tahun kampus ini berdiri dan sudah tiga kali mengalami perubahan mulai dari BPLP berubah menjadi Akpar kemudian bertranformasi jadi Poltekpar Medan, dan sudah beberapa tahun lalu ikatan alumni berdiri, maka ini momen yang tepat bagi Politekpar Medan. Harapannya kepada IKABA (Ikatan Alumni BPLP Akpar) supaya membuat organisasi yang bagus dan baik, sehingga pada saat nanti bisa ikut berkontribusi secara ekonomi, karier entrepreneur dan meneteskan ilmunya ke adik-adik kelas.

Direktur Poltekpar Medan, Dr. Anwari Masatip S.Sos saat membuka acara pemilihan Ketua Umum Alumni BPLP/Akpar – Poltekpar Medan.

IKABA ini bukan hanya organisasi perkumpulan ikatan alumni tetapi harus bisa memiliki arti lebih dari itu. “Pertama mereka bisa mengembangkan usaha, menciptakan peluang entrepreneurship, ketiga bisa membuka peluang adik-adik kelas juga alamamter dan yang terakhir mereka bisa menjadi jembatan untuk ke dunia industri, serta bisa menjadi pembimbing dan menelurkan inkubator bisnis sendiri,” jelas Anwari kepada Jayakarta News di sela acara.

Anwari melanjutkan Ketua Umum harus memiliki independensi dan kemandirian tinggi, berdikari di kaki sendiri dan mempunyai visi misi ekonomi. Ketua harus mampu membuka atau menumbuhkan start up baru sehingga dapat mengelola kegiatan ikatan alumni makin besar dan bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat khususnya kampus tempat dia sekolah. Perlu juga diketahui IKABA ini bersifat perkumpulan yang melibatkan masyarakat tanda kutip ikatan alumni yang sudah berkisar 5.018 orang yang tersebar di seluruh.

Wadah alumni harus segera dibuatkan payung hukum, sehingga lebih profesional dan transparan. Sementara dalam ajang pemilihan ini, ada dua sistem pengumpulan suara, antara lain pertama alumni sebagai pemilih yang berada di luar negeri dapat mengirimkan surat suara yang disediakan ke email panitia pelaksana kemudian yang kedua pemilih dapat secara langsung datang ke Hotel Achmad Tahir. Di sela acara pemilihan, para pemilih yang datang disemarakkan dengan adanya pengundian lucky draw berdasarkan nomor urut masing-masing, dan hal itu di-support oleh para alumni yang telah memberikan beberapa hadiah seperti voucher hotel, menginap, makan malam, dispenser dan lainnya.

Setelah pemilihan berlangsung, sekitar jam 17 hasil suara terkumpul. Dari tiga kandidat yaitu No urut 1. Achmad Zulham meraih 61 suara, 56 suara manual, 5 suara melalui email, 2. Muhammad Amel Siregar meraih 30 suara, 28 suara manual, 2 suara melalui email dan 3. M. Darwin meraih 51 suara, 23 suara manual, 28 suara melalui email.

Berdasarkan hasil suara tersebut, maka sesuai AD/RT hasilnya belum mencapai quorum 50% +1. Dengan total suara yang masuk sebesar 142 suara. Kandidat akan dinyatakan menang mutlak bila mendapatkan 72 Suara. Namun atas kesepakatan bersama calon kandidat musyawarah dan mufakat maka Achmad Zulham menjadi Ketua Umum DPP ikatan alumni BPLP/Akpar – Poltekpar Medan.

Pada kesempatan yang sama Achmad Zulham yang terpilih sebagai Ketua Umum ikatan alumni periode 2019-2021 setelah mengikuti tahap demi tahap acara pemilihan mengatakan hal yang ditanggapi ke depannya mengenai sinkronisasi antara seluruh alumni dapat lebih baik. Wadah ini juga diharapkan dapat memberi dukungan kepada seluruh alumni BPLP Akpar Poltekpar Medan, dan saling bersinergi ke depannya.

Salah satu program ke depan adalah LSU (Lembaga Sertifikasi Unit) dan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) dan tentunya juga akan ada forum peduli pariwisata sehingga bisa lebih global atau jauh lebih besar. Tentunya juga kita akan membuat legalitas

Tengku Beby Resti salah seorang alumni prodi food and beverage 2001 berharap semoga wadah ikatan alumni ini dapat menambah erat hubungan silaturahmi semua alumni semakin solid ke depan dan dapat membimbing para adik-adik alumni antar lintas angkatan.

Sementara, pemilih dari Jakarta, Ardiansyah, prodi Room Division Managemen (RDM) 1997 turut memberi tanggapannya. “Besar harapan kami sebagai alumni ke depan agar tata kelola organisasi ini bisa menjadi lebih baik sehingga mampu menciptakan peluang-peluang yang bermanfaat buat civitas akademika Poltekpar Medan,” ujar Ardiansyah. (monang sitohang)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *