Connect with us

Kabar

BPTT Jalin Kerjasama Internasional Penguatan Operasi Peringatan Dini Tsunami

Published

on

JAYAKARTA NEWS— BPPT lakukan kerja sama internasional melalui United Nations ITU/WMO/UNESCO IOC Joint Task Force (Satuan Gabungan ITU-WMO-UNESCO PBB) untuk mengimplementasikan pemanfaatan Smart Cable Technology dalam upaya penguatan operasi peringatan dini tsunami di gedung BPPT Jakarta pada Senin (13/1).

Satuan gabungan tersebut terdiri dari pemerintah, swasta serta universitas yang telah melakukan penelitian dalam 10 tahun terakhir dan menyimpulkan bahwa Smart Cable (Science Monitoring And ReliableTelecommunications) merupakan solusi yang layak secara ekonomis untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Kepala BPPT Hammam Riza menyambut positif kerja sama Indonesia dengan Pemerintah AS dalam menghadirkan solusi penguatan operasi peringatan dini tsunami. Teknologi ini akan memperkuat sistem deteksi dan peringatan dini tsunami, karakterisasi sumber dan prakiraan gelombang tsunami, dimana BPPT terus berinovasi menciptakan sistem deteksi dini tsunami yang lebih ideal, dengan mengembangkan teknologi Cable Base Tsunameter (CBT) berbasis kabel optik sejak 2012 silam.

Harapannya, kerja sama ini mampu mendorong Indonesia menjadi negara yang mandiri dalam penanganan bencana, khususnya terkait sistem peringatan dini tsunami.***/bppt/ebn

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *