500 Peserta Umat Buddha Ikuti Pelatihan Komunikasi Digital

 500 Peserta Umat Buddha Ikuti Pelatihan Komunikasi Digital

Foto : Aiko Senosoenoto, penggagas pelatihan (foto : Iwan).

JAYAKARTA NEWS—-Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) menggelar pelatihan komunikasi digital melalui aplikasi Zoom yang diikuti lebih dari 500 peserta dari seluruh Indonesia yang diadakan, Sabtu (24/10/2020).

Mereka yang ikut pelatihan adalah penyuluh, penceramah dari Majelis Majelis Buddha yang tergabung dalam Permabudhi, mahasiswa-mahasiswa STAB dan staf Ditjen Bimas Buddha Kemenag RI. Pelatihan bertema ‘meningkatkan kemampuan komunikasi Dhamma melalui daring’.

Pemberi materi para profesional bidang komunikasi yang tergabung dalam Three Speakers yaitu Bayu Oktara, Uli Herdinansyah dan Hibran Dunar.

Caliadi selaku Ditjen Bimas Buddha Kemenag RI mengemukakan bahwa pelatihan ini menjawab kebutuhan zaman yang memang terbuka peluang untuk melaksanakan pembinaan umat agama melalui teknologi dan media sosial. “Untuk dakwah sangat efektif butuh kemampuan komunikasi yang baik,” tutur Caliadi.

Sedangkan Ketua Permabudhi, Arief Harsono memaparkan pelatihan komunikasi digital ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi para pembina agama Buddha. Kebetulan digelar di masa pandemi seperti ini yang hampir semua bentuk pembinaan umat dilakukan secara digital. “Acara ini untuk mengisi kebutuhan semua ‘stakeholders’ dan ikut memajukan agama Buddha di Indonesia,” terang Arief Harsono.

Senada pandita utama Aikosenosoenoto, salah satu ketua Pengurus Pusat Permabudhi dan penggagas acara ini menjelaskan perlunya setiap umat, apalagi pembina, untuk senantiasa meningkatkan diri dan mengikuti kemajuan zaman. “Kita dan lingkungan wajar terus menyesuaikan dan menyatu. Dengan demikian umat Buddha bisa ikut aktif memajukan Indonesia,” ujar Aiko Senosoenoto.

Salah seorang pemberi materi, Uli Herdinansyah berucap dunia terus berubah. “Untuk mengatasi jarak dan waktu, siapa pun harus bisa fasih berkomunikasi digital melalui kamera,” pungkas Uli. (pik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *