Connect with us

Kabar

“Ramayana Urban” di Hari Pertama SIPA 2021

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Solo International Performing Arts (SIPA) 2021 hari pertama digelar Kamis (7/10/2021). Pesta kembang api warna-warni menandai momen penting hari itu.

Selain pesta kembang api, SIPA 2021 yang mengusung tema “The Great Light of Arts” itu, juma menampilkan sang maskot, Endah Laras bersama para penari Semarak Candrakirana Art Center. Keseluruhan acara pembukaan digelar melalui konsep baru yaitu hybrid dan drive-in.

Konsep hubrid dan drive-in adalah solusi semaraknya event di tengah pandemi. Dengan car aitu, panitia berharap mampu memunculkan energi kehidupan melalui berbagai macam kesenian bagi masayarakat di tengah kondisi pandemi yang belum surut ini.

SIPA hybrid festival tahun ini digelar pada 7, 8, dan 9 Oktober 2021 di Bengawan Solo Park at Jurug Zoo. Pergelaran hari pertama SIPA digelar secara langsung mulai pukul 19.00 – 22.00 WIB dan dapat ditonton secara live streaming di kanal YouTube SIPA FESTIVAL dan Pariwisata Solo.

Selain pesta kembang api dan penampilan Endah Laras, acara pembukaan SIPA 2021 juga ditandai dengan penampilan tiga delegasi lain secara langsung, Mereka adalah 567Eight Dance Community dari Solo yang menampilkan tarian yang berjudul ‘Ramayana Urban’, Sanggar Meuligoe Jeumpa dari Aceh yang mempertunjukkan tarian yang berjudul ‘Meusom’, dan Peni Candra Rini ft Jagad Sentana Art dari Solo yang membawakan karya musik berjudul ‘Mata Air’.

Selain penampilan secara langsung di panggung, SIPA juga menampilkan delegasi asal Belanda, Tom van deer Zaal yang mempersembahkan karya musik berjudul ‘Time Will Tell – Revisited. Penampilan khusus ini ditampilkan secara langsung dari Belanda melalui media zoom cloud meeting.

Ucapan selamat atas terselenggaranya SIPA 2021 juga disampaikan secara langsung oleh Mr. Jaef de Boer, Kepala Departemen Kebudayaan dan Komunikasi, Erasmus Huis; dan Dr. Muzakkar A.Gani, S.H, M.Si, Bupati Bireun Aceh.

Direktur SIPA, Dra. Irawati Kusumorasri, M.Sn berharap SIPA 2021 bisa mengobati kerinduan masyarakat untuk menikmati pergelaran seni di tengah pandemi. “Untuk itu kami berusaha yang terbaik dalam menyelenggarakan acara ini, tentunya dengan tetap patuh dan menjaga protokol kesehatan, sehingga konsep ini nantinya bisa dijadikan inovasi bagi pihak lainnya,” ujarnya.

Kemeriahan panggung SIPA hari pertama ini dipenuhi sekitar 30 mobil dengan kapasitas maksimal tiga penumpang. Seluruh penonton, tamu undangan, hingga panitia tetap menaati protokol kesehatan. Selain itu, SIPA juga akan menghadirkan delegasi dari berbagai negara di belahan dunia. (*/rr)

Berikut sejumlah foto para penampil pada pembukaan SIPA 2021 hari pertama, Kamis (7/10/2021).

Pemukulan gamelan kenong, menandai pembukaan SIPA 2021, Kamis (7/10/2021). (foto-foto: Humas SIPA 2021)
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *