Connect with us

Kabar

Pameran Seni Kontemporer Artina 2: Spiritualitas dan Religiusitas Menyatu

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Setelah sukses menghelat pameran Artins 1 tahun silam, tahun 2023 digelar lagi pameran seni kontemporer Artina 2 di Gedung Sarinah, Jakarta , dari 4 Maret sampai 31 Mei 2023.

Mengusung tema ‘matrajiva (matra = dimeni, jiva = spirit  roh), pameran ini berfokus menyuguhkan beragam ekspresi artistik yang merepresentasikan berbagai dimensi spritualitas dan religiuaitas dalam kehidupan masyarakat.

Melibatkan sebanyak 22 seniman – baik individu maupun kolektif – lintas disiplin – yang menampilkan puluhan karya dalam wujud dan dimensi nan memukau. Bisa disebut beberapa seniman dan perupa terkenal, diantaranya   A D Pirous, Monica Hapsari, Agus Suwage,  Ahmad Sadali, Nyoman Nuarta, Arahmaniani, Riri Riza dan Mira Lesmana, Edward Hutabarat, Gregorius Sidharta Soegija, I Made Sumadita, Widayat, Yori Antar dan Rumah Asuh serta  segerobak seniman lain dari seluruh Indonesia.

“Tema matrajiva terinspirasi dari keberagaman budaya Nusantara yang sarat nilai-nilai spiritual. Hal ini mendasarkan pada kepercayaan yang lebih besar dalam diri manusia yang dimanifestasikan pada tanggung jawab seniman terhadap lingkungan dan masyarakatnya,” kata Hari Permadi selaku inisiator dan  Direktur Artistik Artina.

(foto Herry)

Pameran ini diinisiasi 2 kurator yaitu Agung Hujatnika dan Bob Edian.

Sementara itu, Dirut Sarinah Fetty Kwartati mengungkapkan selama ini pameran seni Artina yang digelar di Sarinah selalu mendapat respons positif baik dari kalangan seniman pelaku seni maupun dari masyarakat. “Sarinah enggak lagi menjadi destinasi belanja tetapi juga menjadi destinasi wisata bagi insan kreatif,” harapnya.

Dirjen Kebudayaan Kemdikbud Ristek, Hilmar Farid yang hadir menyatakan, spirit religiusitas Nusantara dalam pameran ini telah menyatu dengan nilai-nilai moral dan kebudayaan dalam kehidupan masyarakat. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *