Connect with us

Kabar

Hasil Uji Klinis Vaksin Nusantara Kembali Masuk Jurnal Medis Internasional

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Menemukan vaksin yang dapat bertahan lama dan efektif melawan virus dengan tingkat mutasi tinggi seperti SARS-CoV-2 masih menjadi tantangan hingga saat ini. 

Hal itu tertulis dalam artikel berjudul “Developing dendritic cell for SARS-CoV-2 vaccine: Breakthrough in the pandemic”, yang dikirim ke Vaccines and Molecular Therapeutics yang merupakan bagian dari jurnal Frontiers in Immunology dan diterbitkan pada Selasa, 6 September 2022. 

Dalam artikel tersebut dituliskan, sejumlah vaksin yang telah tersedia mengalami penurunan efektivitas dan memerlukan pemberian booster. Sebagai sel penyaji antigen profesional, Sel Dendritik juga dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, terutama sel T.

“Kemampuan ini membuat sel dendritik telah dikembangkan sebagai vaksin untuk beberapa jenis penyakit. Pada infeksi SARS-CoV-2, sel T memainkan peran penting dalam menghilangkan virus, dan keberadaannya dapat dideteksi dalam jangka panjang,” demikian tulisan dalam jurnal tersebut, dikutip Rabu (7/9). 

Lantaran itu, lanjutnya, kondisi ini menunjukkan bahwa pembentukan kekebalan sel T sangat penting untuk mencegah dan mengendalikan perjalanan penyakit.

“Pembuatan vaksin yang berorientasi untuk menginduksi respons sel T yang kuat dapat dibentuk dengan memanfaatkan sel dendritik. Pada artikel ini, kami membahas dan menggambarkan peran sel dendritik dan sel T dalam patogenesis infeksi SARS-CoV-2 dan merangkum peran penting sel dendritik dalam pembentukan kekebalan sel T,” jelasnya.

Dalam artikel yang disusun oleh mantan Menteri Kesehatan, Prof Dr Terawan Agus Putrantio; Peneliti Utama Tim Vaksin Nusantara, Kolonel dr Jonny Sp. PD, K.GH M.Kes, MM, CAPD; Raolian Irfon dan Enda Cindylosa Sitepu dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta, Indonesia.

“Kami menyusun konsep dasar pengembangan sel dendritik untuk vaksin SARS-CoV-2. Vaksin berbasis sel dendritik untuk SARS-CoV-2 berpotensi menjadi vaksin efektif yang memecahkan masalah yang ada,” tulisnya.

Dalam halaman 6 artikel tersebut dijelaskan bahwa, tingkat keberhasilan imunoterapi kanker dan vaksin infeksi berbasis dendritic cells (DC) menunjukkan potensi pengembangan DC sebagai vaksin SARS-CoV-2. 

“Pendekatan ini memanfaatkan kemampuan untuk mempresentasikan antigen dan menginduksi sistem kekebalan yang dimiliki oleh DC. DC yang belum matang dapat diperkenalkan dengan antigen SARS-CoV-2, misalnya, protein S yang telah terbukti menimbulkan respons imun,” jelasnya.

Proses tersebut dapat dikembangkan baik secara in-vivo maupun ex-vivo. Namun pendekatan ex-vivo dapat menjadi pilihan dalam pengembangan vaksin ini karena kelayakannya dan memperpendek proses yang seharusnya terjadi di dalam tubuh.

“DC yang telah terpapar antigen akan mengalami pematangan dan mengalir ke organ limfoid, kemudian mempresentasikan antigen ke sel T naif sehingga terbentuk kekebalan spesifik terhadap SARS-CoV-2 (71). Pendekatan ini saat ini sedang dikembangkan di Indonesia dan dikenal dengan nama Vaksin Nusantara,” urainya.

Sebelumnya, hasil uji klinis Vaksin Nusantara yang digagas dokter Terawan telah terbit di jurnal medis internasional Human vaccines & Immunotherapeutics yang terindeks di Jurnal ilmiah Scopus dengan impact factor yang sangat tinggi 8.34.

Tulisan bertajuk “A personal COVID-19 dendritic cell vaccine made at point-of-care: Feasibility, safety, and antigenspecific cellular immune responses itu dirilis pada 26 Agustus 2022.

Dalam kata pengantar artikel dituliskan, induksi antibodi penetralisir untuk perlindungan segera adalah penekanan dari laporan awal vaksin COVID-19 yang saat ini tersedia. Namun, ada peningkatan minat pada respons sel-T yang terkait dengan produk ini.

Selanjutnya dituliskan, disebutkan tujuan penelitian tersebut. Pertama menetapkan kelayakan persiapan vaksin sel dendritik pribadi terhadap protein lonjakan SARS-CoV-2 pada titik perawatan.

Kedua, menetapkan keamanan jangka pendek setelah injeksi vaksin subkutan tunggal.

Lalu ketiga, menentukan respons imun spesifik antigen setelah vaksinasi, dan keempat memilih formulasi yang disukai untuk uji coba di masa mendatang.

“Dengan dimuatnya Vaksin Nusantara dalam jurnal ini, menunjukkan bahwa Vaksin Nusantara dibuat bukan tanpa dasar-dasar ilmiah,” kata Peneliti Utama Vaksin Nusantara, Kolonel dr. Jonny, Sp.PD-KGH, M.Kes, MM ketika dihubungi, Rabu (7/9).

Ditambahkan dr Jonny, yang pertama dimuat di jurnal Expert Review of Vaccine, memberikan gambaran alasan-alasan kenapa kita buat Vaksin Nusantara di luar tubuh.

“Yang kedua, yang sekarang dimuat di Frontier in Immunology memberikan gambaran kenapa Vaksin Nusantara menggunakan sel Dendritik,” tandas Kolonel dr. Jonny, Sp.PD-KGH, M.Kes, MM.***/me

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *