Connect with us

Kabar

Gitar Ukir Desa Jatikerto Malang Tembus Pasar Mancanegara

Published

on

MALANG, JAYAKARTA NEWS – Berawal dari suka membenahi gitar yang sudah rusak, Sudariatmo (55) bisa menghasilkan produk gitar yang bisa menembus pasar luar negari

Warga Desa Jatikerto Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang yang akrab dipanggil Ndari ini memulai produksi gitar dengan merk “Darieos” sejak tahun 2000. “Sebenarnya saya menekuni membuat gitar mulai tahun 1980, tapi lebih serius hingga berlisensi di tahun 2000,” ujar Ndari saat di temui JayakartaNews di Malang, Kamis (2/3/2023).

Produknya mencapai pangsa pasar dalam negeri hingga mancanegara. Beberapa musisi ternama dan artis dalam negeri yang sudah memakai produknya.

Keunikan dari gitar Darieos sendiri adalah modelnya yang berbeda dengan gitar-gitar lain, karena ada ukiran manual yang mempunyai filosofi sehingga menjadi ciri khas tersendiri pada produknya. Kemampuan Ndari dalam membuat gitar tidak diragukan lagi.Mulai dari gitar akustik hingga elektrik, bahkan gitar tradisional dari berbagai daerah telah di buatnya.

Ndari memiliki pribadi yang humble, low profil, dan tidak keberatan menunjukkan bagaimana proses membuat gitar. Ia menunjukkan jenis bahan kayu, spare part gitar terbaik, pemilihan warna, hingga finishing.

Kini Ndari sudah mempunyai pabrik sendiri dengan peralatan mesin kayu dan memberi nama pabriknya Ndari String. Hingga saat ini Ndari terus berkarya dan menciptakan motif baru pada produknya dengan harapan karyanya dapat diapresiasi di negeri sendiri maupun luar negeri.

Dengan desain yang inovatif, dan bahan kayu yang berkualitas, Darieos guitar diharapkan mampu bersaing dengan produk-produk lokal Indonesia yang sudah muncul sebelumnya. Bahkan gitar ini mempunyai impian untuk mensejajarkan dirinya dengan gitar-gitar terkenal buatan mancanegara.

Semoga Darieos guitar mampu mengharumkan nama Indonesia, khususnya nama daerah dimana gitar ini dilahirkan yaitu Malang. (Nova)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *