Connect with us

Entertainment

Festival Tari ‘Semarak Budaya Indonesia 2023’

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Agenda tahunan Kota Surakarta, Semarak Budaya Indonesia  (SBI) 2023 kembali digelar untuk yang kesepuluh kalinya di Balaikota Surakarta. Acara pada hari pertama berlangsung pada Jumat (26/05/2023) malam dan akan dilanjutkan pada Sabtu (27/05/2023) malam. SBI 2023 digelar untuk masyarakat umum serta dapat disaksikan secara gratis mulai pukul 19.00 WIB. Acara ini juga akan disiarkan ulang melalui kanal YouTube SEMARAK BUDAYA INDONESIA. 

Festival seni tari ini diselenggarakan oleh Pemuda Indonesia Kreatif dan Semarak Candrakirana Art Center. Acara juga didukung oleh Pemerintah Kota Surakarta, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, serta Djarum Foundation. Tema “Satu Dasawarsa Gerak Bersama” diusung pada tahun kesepuluh diselenggarakannya acara ini. 

Semarak Budaya Indonesia (SBI) 2023 merupakan wujud ikhtiar merajut jaringan sanggar-sanggar seni di Indonesia sekaligus membangun ruang apresiasi dan aktualisasi diri bagi generasi seni yang ada di dalamnya. Acara dibuka secara resmi dengan pemukulan Kethuk Kempyang oleh Apriza Rizaldi Naim S.H., Ibu R.Ay Irawati Kusumorasri M.Sn., Ibu Tuti Orbawati, S.Sen, M.Sn., dan Mr. Lee Jeong Eun. 

Pada laporan Ketua Festival Semarak Budaya Indonesia 2023, Apriza Rizaldi Naim S.H., disampaikan bahwa acara ini merupakan sebuah ruang apresiasi dan aktualisasi bagi generasi berbudaya yang ada di seluruh Indonesia. 

“Festival Semarak Budaya Indonesia merupakan sebuah etalase pagelaran seni yang mengemas budaya lokal asli dari seluruh penjuru Nusantara. Semarak Budaya Indonesia atau SBI bertujuan untuk membangun ruang apresiasi dan aktualisasi bagi generasi berbudaya yang ada di seluruh Indonesia. Satu Dasawarsa Gerak Bersama merupakan tajuk yang diambil dari gelaran SBI tahun 2023. Kita ingin menggambarkan budaya asli masyarakat Indonesia yaitu gotong royong yang selalu dilakukan oleh Dinas Pariwisata bersama seluruh komunitas dan sanggar seni dalam sebuah pelaksanaan Festival Semarak Budaya Indonesia. Kali ini merupakan tahun kesepuluh gotong royong itu telah selalu dilaksanakan,” ungkapnya. 

Walikota Surakarta menyampaikan ucapan terimakasih dan ajakannya dalam sambutan yang diwakili oleh Tuti Orbawati, S.Sen., M.Sn. selaku Kepala Bidang Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta. 

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras serta mengupayakan Kota Surakarta menjadi rumah besar untuk sanggar seni di Indonesia. Merupakan kebanggaan yang sangat besar bagi Kota Surakarta apabila hal tersebut terwujud. Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat Kota Surakarta ikut mensukseskan gelaran Festival Semarak Budaya Indonesia tahun 2023 ini dengan turut mempromosikan pada akun media sosial sehingga acara ini akan semakin meriah dan meningkatkan wisatawan untuk berkunjung ke Kota Solo.”

Berbagai sanggar yang memeriahkan acara hari pertama berasal dari kota-kota besar di Indonesia, diantaranya Semarak Candrakirana Art Center Solo, Sanggar Seni Dharma Budaya, Pasuruan, Ikatan Pelajar Mahasiswa Kepulauan Riau Surakarta, Timeless Dance Center Solo, Damar Art Banyuwangi, IKAMALA-SOLO Lampung, Dharma Budaya Art Performance Pasuruan, Sanggar Seni Diwangkara Pemalang, Sanggar Tari Tancep, Sragen dan Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Riau-Surakarta Riau.

Suguhan tari pertama diawali oleh Semarak Candrakirana Art dari Surakarta dengan tarian “KRIDHANINGGAR, Kridhaning Adaninggar Wanodya Tamtama”. Karya ini terinspirasi dari sosok karakter tokoh di cerita wayang menak serat Wong Agung Jayeng Rana. Dengan menggunakan properti kipas berwarna merah, tarian ini menunjukkan makna (kipas) sebagai perwujudan dari seorang wanita, warna merah yang memiliki arti lambang dari sebuah keberanian. 

Penampilan ditutup dengan suguhan tarian “Zapin Beradat” oleh Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Riau-Surakarta. Tarian ini mengangkat tema kehidupan masyarakat Melayu, yang mana digunakan sebagai sarana hiburan masyarakat karena mengandung makna dan nilai filosofis yang berkaitan erat dengan kehidupan sosial masyarakat setempat.

Acara SBI 2023 hari pertama berlangsung dengan meriah dan diakhiri dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada para penampil. Gelaran seni ini sukses digelar dengan dukungan dari Djarum Foundation, Kamar Dagang dan Industri Kota Surakarta, Batik Danar Hadi, Universitas Surakarta, Yoyic, serta LT Pro Professional Make Up dan sponsor lainnya.***PR

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *