Connect with us

Kabar

Balai Kemensos Siap Tampung Anak yang Orang Tuanya Jalani Perawatan Covid-19

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Pasien Covid-19 terus bertambah. Bahkan belakangan semakin banyak keluarga yang terkena covid secara bersamaan. Suami istri atau bahkan dengan anak-anaknya. Bagi keluarga yang memiliki anak masih perlu pengawasan tentunya akan sangat membingungkan jika orang tua harus menjalani perawatan akibat Covid-19. Hal ini menjadi perhatian Kemensos.   

Menyikapi hal itu, Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat menyatakan, pihaknya menyiapkan layanan pengasuhan anak di balai Kemensos, apabila orangtua tengah menjalani perawatan akibat terpapar Covid-19.  Demikian rilis Humas Kemensos, Sabtu (26/6)

“Bagi orangtua yang tengah menjalani perawatan Covid-19, maka anak-anak mereka harus tetap bisa dalam pengasuhan untuk sementara waktu di balai Kemensos,” katanya. Karena itu, menurutnya, seluruh balai harus siap melayani keluarga yang membutuhkan pertolongan dan menjadi tempat bagi anak yang masih membutuhkan pengasuhan.

Sebanyak 41 balai Kementerian Sosial tersebar di seluruh Indonesia. Semua balai disiapkan guna merespon kasus tersebut. Hal itu sesuai arahan Menteri Sosial bahwa setiap balai rehabilitasi sosial memberikan layanan multifungsi. “Selain peningkatan layanan menjadi multifungsi, setiap balai milik Kementerian Sosial harus memiliki kapasitas untuk merespon kasus-kasus anak. Ke 41 balai itu berfungsi sebagai tempat aduan, termasuk jika ada anggota keluarga anak atau orang tuanya terpapar Covid 19,” katanya lagi.

Ia menjelaskan berdasarkan kerja sama dengan United Nations Children’s Fund (Unicef) terdapat Standard Operating Procedure (SOP) bagi anak-anak yang terdampak Covid-19. Sedangkan bagi pasien orang tanpa gejala (OTG)  masih bisa dilayani di balai-balai dengan menyiapkan tempat khusus untuk menjalani isolasi. Keputusan untuk isolasi mandiri bisa dilihat langsung dari hasil tes usap yang secara fisik dicek oleh para petugas kesehatan di 41 balai tersebut. ***(mel)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *