154 PMI dari Malaysia Diantar Pulang

 154 PMI dari Malaysia Diantar Pulang

Seorang pekerja migran Indonesia sedang melalui serangkaian test. (foto: poedji)

Jayakarta News – Berita menggembirakan diterima oleh 154 pekerja migran Indonesia yang baru saja bekerja dari Negara Jiran, Malaysia. Begitu mereka turun dari pesawat dilakulan rangkaian screening rapid test oleh petugas dari Pemprov Jatim di Bandara Juanda, Sidoarjo Selasa(7/4/2020) sore.

Hasilnya ke-154 pekerja tersebut dinyatakan negatif. Oleh sebab itu, ke 154 orang PMI (pekerja migran Indonesia) itu diantar oleh armada yang disiapkan Pemprov Jatim menuju daerah asalnya. Selanjutnya screening oleh Pemkab dan terahir screening oleh pemerintahan desa untuk isolasi mandiri atau ruang isolasi desa selama 14 hari.

Alhamdulilah, saya sudah dapat hasil rapid test 154 PMI dari Malaysia yang datang sore ini. Dan hasilnya semuanya negatif,” terang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada para wartawan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Meskipun demikian, kata Khofifah, screening berlapis akan tetap dilakukan  kepada 154 PMI tersebut. Sehingga, usai screening dari museum Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) Juanda, selanjutnya akan dilakukan screening di kabupaten/kota. Baru kemudian, screening ketiga yakni hingga di level desa.

“Saat di desa nanti, mereka akan mendapatkan treatment untuk observasi selam 14 hari. Screening berlapis ini dilakukan agar upaya menjaga perlindungan masyarakat dapat berjalan baik,” tuturnya.

Terkait jumlah PMI yang datang, Gubernur Khofifah memaparkan, bahwa di awal pihaknya terkonfirmasi sebanyak 156. Namun, berdasarkan manifest yang ada jumlahnya adalah 154. (poedji)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *