Sport

Erick Thohir Bicara Pembentukan Timnas Jangka Panjang dan Naturalisasi Pemain

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan komitmen PSSI untuk membentuk Timnas yang tangguh dengan komposisi pemain muda terbaik.

“Salah satu diskusi saya dengan coach Shin Tae-yong adalah kita mulai akan membentuk tim jangka panjang yaitu usia usia muda dan juga pemain yang bisa memperkuat timnas. Siapapun yang terbaik sesuai kualifikasi kita akan coba dorong agar kita punya timnas yang konsisten,” tegas Erick.

Tentang naturalisasi pemain, Erick menjelaskan naturalisasi pada Ivar Jenner dan Rafael Struijk segera rampung. Keduanya akan menyusul Shayne Pattynama yang sudah lebih dahulu rampung proses naturalisasinya. Ketiga pemain naturalisasi itu pun siap memperkuat skuat timnas Indonesia pada ajang internasional. 

“Proses naturalisasi sesuai komitmen kita satu demi satu terselesaikan. Kemarin kita lakukan pada Shayne Pattynama yaitu yang posisinya bek kiri sudah. Saya ingin memastikan untuk Ivar Janner yang posisinya bisa di tengah dan Rafael yang posisinya di penyerang kiri itu juga. Alhamdulillah tadi sudah ditanda tangani oleh bapak presiden jadi tinggal mengangkat sumpah dan paspor nanti,” papar Erick, sebagaimana dikutip dari pssi.org, Sabtu (6/5/2023).

Komposisi pemain naturalisasi itu akan memperkuat tim asuhan Shin Tae-yong yang akan tampil pada sejumlah kejuaraan bergengsi. 

Menurut Erick akan ada ajang FiFA match day, Asian Games, kualifikasi Piala Dunia 2026, dan Piala AFC yang akan menjadi ajang pembuktian timnas. 

Semua pemain terbaik, kata Erick, terbuka untuk memperkuat timnas. Ini termasuk ketiga pemain naturalisasi tersebut.

“Semua terbuka (bermain di Asian games dan Piala Asia). Sesuai diskusi saya dan coach Shin Tae-yong waktu itu bahwa nanti ada FIFA Match Day di bulan Juni. Kemudian di bulan Oktober dan November itu ada kualifikasi Piala Dunia 2026,” ujar Erick.***/din

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version