Sport

Jika Gagal di FIBA Asia Cup Timnas tidak akan Tampil di World Cup 2023

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Timnas basket Indonesia harus menang dalam laga FIBA Asia Cup yang bakal digelar bulan depan, 12-24 Juli 2022. Jika gagal, maka jangan berharap bisa tampil di FIBA World Cup 2023.

Pesan keras ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia usai melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Danny Kosasih, Sekjen Perbasi, Nirmala Dewi, dan Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022, Junas Miradiarsyah di kantor Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Kamis (23/6).

“Pesannya sih sederhana, mereka harus menang. Sebab, kalau tidak menang, (timnas) nggak main di FIBA World Cup. Kita hanya sebagai penyelenggara (tuna rumah), kan menyedihkan,” kata Menpora Amali, sebagaimana dikutip dari laman kemenpora.go.id

Namun, demikian, Menpora Amali mengaku oppmimistis karena dirinya diberi keyakinan Ketua Umum dan Sekjen Perbasi. Sebab, tim nasional yang saat ini melakukan pertandingan uji coba di Australia selama 10 game melawan tim divisi 1 bola basket Australia telah berhasil memenangkan 5 pertandingan dan kalah 3 pertandingan dari 8 laga yang dilakoni.

“Bayangkan dan klub yang dilawan itu adalah divisi 1 Liga Bola Basket Australia. Jadi dari 8 pertadningan menang 5,” katanya.

Sementara itu, Sekjen Perbasi, Nirmala Dewi mengungkapkan, bahwa Menpora Amali menekankan kepada pihaknya untuk tidak hanya sukses menyelenggarakan kegiatan. Namun juga sukses prestasi.“Sukses prestasi memang jadi catatan dari bapak Menpora kepada kami. Dan ini kami tindaklanjuti secara serius sekali,” katanya.

Menurutnya, setelah berhasil menyumbangkan emas di SEA Games Vietnam 2021, pihaknya kemudian melakukan latih tanding di Australia denga melawan tim divisi 1 Australia, dari 8 pertandingan Indonesia berhasil memenangkan 5 dan kalah 3 pertandingan. 

“Ini satu semangat tentu buat kita satu tanda baik dan hari ini adalah pertandingan terakhir sebelum mereka kembali ke sini. Setelah kembali mereka akan recovery, kemudian akan mengikuti qualifiers dengan dua negara lagi,” jelasnya.***/din

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version