Kesehatan

Transplantasi Stem Cell Bawa Harapan Sembuhkan AIDS

Published

on

Timothy Ray Brown berpose untuk sebuah foto, Senin, 4 Maret 2019, di Seattle. Brown, yang juga dikenal sebagai “pasien Berlin,” adalah orang pertama yang disembuhkan dari infeksi HIV, lebih dari satu dekade lalu. Sekarang para peneliti melaporkan, bahwa pasien kedua tetap bertahan hidup 18 bulan setelah menghentikan pengobatan HIV tanpa tanda virus setelah transplantasi sel induk. Tetapi transplantasi semacam itu juga cukup berbahaya, sehingga tidak dapat digunakan secara luas dan ada potensi gagal pada pasien lain. (Courtesy AP)

SEORANG  pria warga London terbebas  dari virus AIDS setelah menjalani transplantasi stem cell (sel induk), dan dia menjadi sukses kedua termasuk “pasien Berlin,” demikian ungkap para dokter yang menangani pasien tersebut.

Terapi sl induk ini memberikan  keberhasilan awal bagi  Timothy Ray Brown, seorang pria AS yang dirawat di Jerman, yang setelah 12 tahun pasca transplantasi positif  bebas dari HIV. Hingga saat ini, Brown adalah satu-satunya orang yang dianggap telah sembuh dari infeksi HIV, virus yang menyebabkan seseorang kehilangan daya tahan tubuhnya.

Tidak selamanya transplantasi semacam  berhasil.  Terapi ini juga tidak  praktis untuk mencoba menyembuhkan jutaan orang yang sudah terinfeksi.

Kasus terbaru “menunjukkan kesembuhan Timothy Brown, bukan kebetulan dan dapat diciptakan kembali,” kata Dr Keith Jerome dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle. Dia menambahkan bahwa terapi itu bisa mengarah pada pendekatan yang lebih sederhana yang dapat digunakan secara lebih luas.

Kasus ini diterbitkan secara online pada Senin oleh jurnal Nature dan akan dipresentasikan pada konferensi HIV di Seattle.

Sejauh ini nama pasien belum dirilis. Pasien tersebut  didiagnosis dengan HIV pada tahun 2003 dan mulai menggunakan obat untuk mengendalikan infeksi pada tahun 2012. Tidak jelas mengapa dia menunggu selama itu. Dia mengembangkan limfoma Hodgkin tahun itu dan setuju untuk transplantasi sel induk untuk mengobati kanker pada 2016.

Dengan donor yang tepat, menurut dokternya, pasien London tersebut mungkin mendapatkan bonus di luar mengobati kankernya: kemungkinan penyembuhan HIV.

Dokter menemukan donor dengan mutasi gen yang memberikan resistensi alami terhadap HIV. Sekitar 1 persen orang keturunan Eropa utara telah mewarisi mutasi dari kedua orang tua dan kebal terhadap sebagian besar HIV. Donor memiliki salinan ganda mutasi ini.

Itu adalah “peristiwa yang mustahil,” kata ketua peneliti Ravindra Gupta dari University College London. “Itu sebabnya ini belum diamati lebih sering.”

Transplantasi mengubah sistem kekebalan pasien London itu, memberinya mutasi donor dan resistensi HIV.

Pasien secara sukarela berhenti minum obat HIV untuk melihat apakah virus akan kembali.

Biasanya, pasien HIV berharap untuk tetap minum pil setiap hari seumur hidup untuk menekan virus. Ketika obat dihentikan, virus mengaum kembali, dan itu biasanya dalam dua hingga tiga minggu.

Dengan terapi stem cell, hal itu  tidak terjadi pada pasien London tersebut. Sejauh ini masih belum ada jejak virus setelah 18 bulan berhenti minum obat.

Brown mengatakan dia ingin bertemu dengan pasien London dan akan mendorongnya untuk go public, karena “itu sangat berguna untuk sains dan untuk memberikan harapan kepada orang yang HIV-positif, untuk orang yang hidup dengan HIV,” katanya kepada The Associated Press, Senin.

Transplantasi sel induk biasanya merupakan prosedur keras yang dimulai dengan radiasi atau kemoterapi untuk merusak sistem kekebalan tubuh yang ada dan memberikan ruang bagi yang baru. Ada komplikasi juga. Brown harus melakukan transplantasi sel induk untuk kedua kalinya, ketika leukemia kembali.

Dibandingkan dengan Brown, pasien London memiliki bentuk kemoterapi yang lebih ringan untuk bersiap-siap untuk transplantasi, tidak memiliki radiasi dan hanya memiliki reaksi ringan terhadap transplantasi.

Dr. Gero Hutter, dokter Jerman yang merawat Brown, menyebut kasus baru ini “berita besar” dan “satu bagian dalam teka-teki penyembuhan HIV.”***

Sumber: AP

Editor: sm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version