Feature

Tekad RR Sasmaya Hati: Ibu Bahagia, Keluarga Sejahtera

Published

on

JAYAKARTA NEWS – RR Sasmaya Hati S.Psi, M.Psi, perempuan berambut panjang mengenakkan kemeja putih lengan panjang menyebutkan namanya kepada awak media seusai menyerahkan berkas bakal calon DPRD Sumut dapil 3, Senin (8/8) di Sekretariat Partai Perindo, Jl. Cut Nyak Dien, No. 2 C, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Ibu dua orang anak ini adalah psikolog bidang industri dan organisasi praktisi HR (Human Resources) juga aktivis di bidang sosial dan budaya. Ketertarikan RR Sasmaya Hati yang kerap dipanggil RR itu terjun ke dunia politik tidak hanya semata kepentingan pribadinya, melainkan panggilan hati.

“Memang awalnya saya sama sekali tidak tertarik dengan dunia politik. Karena dalam arti di sini, katanya, politik itu kejam. Tidak ada namanya teman, yang ada semua urusan kepentingan. Tapi karena ada beberapa faktor yang saya lihat di lapangan, hati saya pun terpanggil dan terdorong untuk membantu masyarakat,” ujar RR.

Politik Jalan untuk Berjuang 

Hanya politik jalan untuk berjuang. “Ini momen menurut saya untuk dapat menyampaikan aspirasi dan memperjuangkan hak-hak pada umumnya. Katakanlah masyarakat yang marjinal. Untuk mewujudkan itu tentu tidak mudah. Muncul pertanyaan dalam diri, bagaimana caranya?”

“Berdasarkan pertanyaan itu, maka saya coba memfasilitasi mereka dengan terjun ke dunia politik supaya aspirasi serta kepentingan masyarakat bisa tersampaikan dan tersalurkan nantinya. Oleh karena itu sejak tahun 2018 saya pilih bergabung di Partai Perindo,” jelas RR.

RR mengaku sudah dua kali mencalonkan diri pada pemilihan legislatif DPRD Sumut dari Dapil 3. Pertama, tahun 2019 lalu gagal dan kini dia ia kembali mencalonkan diri pada Pileg Sumut Dapil 3. 

RR Sasmaya Hati S.Psi, M.Psi saat bersama keluarga. (Foto. Ist)

“Adapun visi dan misi yang saya usung cendrung untuk kaum perempuan, marjinal dan anak, karena apa? Saya hanya berprinsip kalau seorang Ibu atau perempuan yang bahagia dalam rumah tangganya atau kehidupan sehari-harinya, itu akan menciptakan keluarga yang sejahtera,” ungkap RR, isteri dari bermarga Nadapdap.

Itu, lanjut RR, harus diawali dari sehat secara mental, finansial, jasmani dan rohani, pokoknya kesehatan jiwa raga sangat mendukung semua. Jadi fokusnya bagaimana kaum perempuan will being (mengalami kesejahteraan).

Selain itu juga memperjuangkan pendidikan kaum marjinal supaya mereka diberikan kesempatan untuk bersekolah. Misinya untuk masyarakat sejahtera sesuai visi dan misi Partai Perindo untuk Indonesia Sejahtera. “Jadi suara kaum perempuan dan marjinal merupakan bagian suara hati saya,” jelas RR.

Sosok RR Sasmaya Hati 

RR Sasmaya Hati kelahiran Tegal, 19 Januari 1982, selain berprofesi sebagai psikolog bidang industri dan organisasi praktisi HR (Human Resources) juga aktivis di bidang sosial dan budaya RR. Kemudian juga Wakil Ketua Perbakin Garuda Sakti Shooting Club dan dosen praktisi di bagian psikologi Universitas Medan Area.

“Background pendidikan saya dari alumni S1 di Universitas Medan Area (UMA) Fakultas Psikologi, kemudian Magister profesi S2 di Universitas Sumatera Utara (USU) mengambil jurusan psikologi industri dan organisasi,” tuturnya.

Perempuan berparas cantik ini memiliki hobi travelling, selain itu juga suka memasak. “Jadi jika berkeliling Nusantara, saya akan mencoba kuliner di suatu daerah kemudian saya adopsi untuk dimasak sendiri di rumah lalu saya kembangkan menjadi menu sehari-hari di rumah,” paparnya.

Kemudian dilanjutkan RR bahwa ia sangat mengidolakan sosok politisi perempuan Mien Sugandhi. Ia sangat menghormati Mien Sugandhi yang menyuarakan pembelaan terhadap hak-hak perempuan, juga salah satu perempuan inspiratif nan tangguh peletak fondasi kuat pembangunan pemberdayaan perempuan dan sempat menjadi Menteri Urusan Peranan Wanita.

Dalam kesempatan itu RR juga membagikan kisah menariknya selama bersosialisasi. Ia sangat senang bisa langsung terjun ke lapangan berjumpa dengan Ibu-ibu. Rasa antusias mereka saat bertemu membuat dirinya bahagia, apalagi saat menyampaikan hak-hak dan aspirasi mereka.  

“Jadi saya sering diundang ke satu forum atau perkumpulan untuk berdiskusi. Misalnya, kaum Ibu sekarang ingin menjadi seorang Ibu yang mandiri, dalam arti memiliki kecukupan finansial sendiri tanpa mengandalkan pasangannya.  Bagaimana cara membuka lapangan pekerjaan atau peluang-peluang usaha, terutama di dalam industri rumahan dan mereka difasilitasi supaya bisa berkarya sendiri. Apa lagi sekarang pasca Covid-19, usaha industri rumahan belum pulih betul. Jadi mereka berharap ada keterwakilan dari perempuan supaya dapat menyampaikan aspirasi kemudian men-support usaha rumahan mereka,” papar RR panjang-lebar.

Strategi Pencalonan

Kalau bicara strategi pencalonan, pastinya setiap calon memiliki strategi. RR pun demikian. Ia mengaku lebih banyak melakukan pendekatan secara personal. Jika hanya mengandalkan uang saja, itu tidak cukup jika kita tidak dicintai. 

“Jadi bagaimana untuk dicintai dan dikenang masyarakat yaitu sebagai orang yang bisa membantu mereka setidaknya bisa mewakili suara mereka, dan kita harus bisa merangkul mereka dengan pendekatan secara personal,” ungkapnya.

Merangkul mereka (masyarakat) itu merupakan strategi RR. Mendengarkan keluh kesah masyarakat dan menjadikannya poin-poin yang harus diperjuangkan. Untuk itu dia membutuhkan suara aman sekitar 20 ribu suara.

Peluang Partai Perindo 

Di kesempatan yang sama Ketua DPW Sumut Partai Perindo, Rudi Zulham Hasibuan mengatakan, dirinya sangat mendukung seluruh pengurus DPW Sumut maju sebagai bakal calon legislatif di Pemilu 2024 akan datang.

“Kenapa? karena memang ini merupakan tugas dan tanggung jawab sebagai ketua dan pengurus adalah bagaimana memenangkan partai. Itu yang utama. Makanya saya sangat apresiasi salah satunya adalah dinda RR maju sebagai bakal calon DPRD Sumut dari Dapil 3, Deli Serdang,” ucap Rudi.

Dirinya melihat peluang calon-calon dari Partai Perindo untuk meraih kursi di beberapa Dapil terbilang bagus. Salah satunya di Deli Serdang, Sumut 1, Sumut 2, Sumut 4 dengan kehadiran Bang Pahala. “Kita melihat persiapan Partai Perindo Sumatra Utara pada Pemilu 2024 mendatang semakin matang untuk bisa meraih target 1 Fraksi di provinsi,” ujarnya.

“Seperti tadi kita melihat adinda RR yang sudah mendaftar, dan berkas telah dicek lengkap semuanya dan kita yakin adinda RR akan sukses di 2024 mendatang. Apa lagi di Sumut Dapil 3 ada 12 kursi, berarti besar peluang buat Partai Perindo,” tutup Rudi. (Monang Sitohang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version