Entertainment

Musikus Todung Panjaitan Wafat dalam Sunyi

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Musikus Harlal Todung Panjaitan, 62 tahun, wafat, Minggu (11/4) di RS Medistra, Jakarta. Jenazah almarhum yang dikenal sebagai basis band progresif rock Cynomadeus ini dimakamkan Senin (12/4/2021) pukul 15.00 di San Diego Hills, Karawang, di sebelah makam kedua orangtuanya.

“Todung terkena penyakit jantung, ia enggak sadarkan diri,” ujar rekannya di Cynomadeus, Fajar Satritama. Dikatakannya, almarhum wafat dalam sunyi dan damai.

“Ia menjauhi popularitas bagi seorang artis. Ia banyak bermain di kafe-kafe,” ungkap Fajar yang merupakan mitra pengelolanya dalam studio rekaman Gladiresik Music Lab (GML) dimana Todung adalah pendiri dan pemiliknya.

Todung Panjaitan adalah sosok ramah dan acap membantu sesama musisi. Ia mendirikan label dan studio ARCI (Art Circle Network) di rumahnya, Jalan Cut Meutia 5, Menteng, Jakpus.

“Di awal 90an, almarhum aktif mengurusi manajemen artis musik. Kalau ada masalah, ia turun tangan membantu menyelesaikannya,” imbuh Fajar lagi.

Todung Panjaitan. (foto: gladiresikmusiklab)

Todung Panjaitan juga alumnus Dick Grove School of Music, Los Angeles, 1989 spesialisasi bass instruction program dan sarjana desain grafis lulusan Woodbury University, LA, 1988. Balik ke Indonesia, Todung berada di balik pembuatan album ‘Tragedi’ milik Indra Lesmana.

Kemudian Todung membangun band bergenre progresif rock bernama Cynomadeus yang beranggotakan Eet Syahranie (gitar), Fajar Satritama (drum), Iwan Madjid (almarhum, keyboard), Ari Syafriadi (almarhum, vokal) dan Todung Panjaitan (bas).

Band yang baru merilis 1 album musik ini sempat mengguncang kawula muda di Indonesia. Namun, mendadak Eet dan Fajar menyatakan cabut dan bergabung dalam band Edane. Dan terakhir, Fajar hengkang lagi sebagai drumer God Bless menggantikan posisi Yaya Moektio.

Dalam dunia showbiz, Todung pernah menggelar konser akbar Gitarock di Stadion Lebak Bulus di tahun 90an yang dimeriahkan Nicky Astria, Ita  Purnamasari, Eet Syahranie, Donny Suhendra dll.

Selain Cynomadeus, Todung juga pernah memperkuat band Catfunk dan C4 Blues. Selamat jalan Todung Panjaitan. Selamat bertemu kembali dengan kedua orangtua, Samuel Panjaitan dan Ostina Emanuel Panjaitan SS.M.Hum (boru Nasution) di San Diego Hills. Rest In Peace. (pik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version