Kabar

Jelang Nyepi, Umat Hindu Gelar Makerthi Ayuning Segara di Pantai Tanjung Pakis Karawang

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Menjelang Nyepi, umat Hindu lakukan aksi bersih pantai Makerthi Ayuning Segara. Salah satu aksi nyata mulai dilakukan oleh jajaran kepanitiaan Dharma Santi Nasional 2023 dengan menggandeng PHDI Pusat, PHDI Kota Bekasi, PHDI Bekasi, PHDI Karawang, Banjar Bekasi, Banjar Kota Bekasi, serta Komunitas Pecinta Lingsungan yang ada di Bekasi untuk terjun langsung dalam kegiatan Makerthi Ayuning Segara bertempat di Pantai Tanjung Pakis Karawang pada hari Sabtu, 18 Maret 2023.

Tidak tanggung-tanggung, lebih dari 200-an orang Umat Hindu membanjiri Pantai Tanjung Pakis Karawang untuk melakukan aksi bersih-bersih pantai tersebut.

Aksi ini dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan Perayaan Hari Suci Nyepi dan Dharma Santi Nasional 2023. Aksi nyata bersih-bersih pantai atau Makerthi Ayuning Segara dilaksanakan sebelum acara melasti, sebagai bentuk komitmen jati diri manusia dan umat Hindu sebagai sesama penghuni semesta yang saling menjaga memelihara dan melestarikan ekosistem semesta untuk tetap tumbuh berkembang memberikan kesejahteraan kepada umat manusia.

Peserta aksi berasal dari umat Hindu Sejabodetabek, serta beberapa kelompok peduli Lingkungan yang memiliki komitmen yang sama untuk membersihkan, menjaga dan melestarikan alam semesta yang dimulai dari pesisir pantai.

Yang menarik adalah pada kegiatan Makerti Ayuning Segara kali ini mengangkat tema yang sangat nyata dan lugas yaitu “Melalui Aksi Bersih – Bersih Pantai, Kita Jaga Kebersihan & Kelestarian Lingkungan”.

Melalui tema tersebut, diharapkan mampu membangun semangat umat Hindu Jabodetabek hingga Karawang untuk mengimplementasikan ajaran Tri Hita Karana dengan memulai dari bersih-bersih pantai.

Mengawali kegiatan aksi dilaksanakan persembahyangan bersama selanjutnya Laporan Ketua Umum Panitia Dharma Santi Nasional 2023 Laksamana Pertama IGP Alit Jaya, serta dilanjutkan dengan Sambutan Ketua Umum PHDI Pusat yang diwakili oleh Sekretaris Umum PHDI Pusat yaitu I Ketut Budiasa, ST,. MM. Tidak lupa juga sebagai koordinator dalam kegiatan bakti sosial Makerthi Ayuning Segara ini adalah Drg. Nyoman Suarthanu.MAP.

Dalam Laporannya, Ketua Umum Panitia Nasional 2023, Laksamana Pertama I Gung Putu Alit Jaya, menyampaikan bahwa kegiatan ini mendapat sambutan yang positif dari berbagai kalangan, serta antusias umat yang ingin ikut aksi sangatlah besar, sampai-sampai panitia harus membatasi jumlah peserta yang ikut dalam aksi nyata ini.

Pada Kesempatan yang sama, Sekretaris Umum PHDI Pusat Ketut Budiasa, memberikan apresiasi kepada Panitia Dharma Santi Nasional 2023, serta mitra kolaborasi kegiatan ini beserta seluruh Umat Hindu yang secara sadar telah meneguhkan komitmennya untuk turut menjaga serta melestarikan alam dengan melakukan aksi bersih-bersih pantai, kegiatan ini diminta untuk terus dilakukan pada setiap tahunnya.***/din

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version