Kolom

Evaluasi Transportasi Lebaran 2023

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Secara umum, penyelenggaraan transportasi lebaran 2023 tergolong lancar dan dapat memenuhi harapan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik lebaran. Baik perjalanan mudik maupun balik. Dibanding musim Lebaran tahun 2022, terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas 21 persen dan korban meninggal dunia 39 persen.

Jalan Tol Trans Jawa masih favorit pilihan pemudik. Kendati kapasitas jalan tol tidak akan dapat mengakomodir kebutuhan pemudik yang cukup besar. Alhasil, kemacetan pasti terjadi dan harus ada rekayasa lalu lintas (seperti ganjil genap, contra flow dan one way) upaya mengendalikan di jalan tol. Tidak hanya di jalan Tol Trans Jawa,  di jalan arteri juga dilakukan hal yang sama, seperti sistem satu arah (one way) di ruas jalan Padang -Bukittinggi, Sumatera Barat.

Imbauan Presiden yang memungkinkan aparatur sipil negara (ASN), personel TNI/Polri, dan pegawai BUMN untuk menambah cuti atau bekerja dari rumah sehingga bisa menunda kepulangan disampaikan pada 24 April lalu. Hal serupa dianjurkan bagi pegawai swasta sepanjang tidak ada kepentingan mendesak.

Masyarakat diminta menghindari puncak arus balik yang diperkirakan berlangsung pada 24-25 April  (Kompas.id, 26/04/2023). Selain itu adanya penerapan potongan tarif (discount) jalan tol 15-18 April 2023 dan 27-29 April 2023 oleh PT Jasa Marga, turut berpengaruh untuk mengurai pemerataan atau distribusi arus perjalanan mudik dan balik lebaran tahun ini.

Pola mengatur arus balik sudah dimulai tahun lalu, dan tahun ini juga dilakukan, ada distribusi pergerakan hampir merata di rentang waktu arus balik.

Berdasarkan Realisasi Volume Penumpang dan Kendaraan Pulau Jawa – Sumatera Periode Angleb 2023 (1444 H) di Pelabuhan Bakauheni, dan Panjang Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, menyebutkan selama  masa mudik 10 hari (12-21 April 2023), jumlah arus mudik penumpang dan kendaraan yang telah menyeberang dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera, sebanyak 848.274 orang dan 195.984 unit kendaraan.

Dari Pelabuhan Penyeberangan Merak (Pulau Jawa) menuju Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni (Pulau Sumatera), jumlah pemudik dari H-10 hingga H-1 untuk penumpang 796.261 orang (ada peningkatan 5 persen dibanding tahun 2022 sebesar 760.911 orang). Untuk kendaraan sebanyak 184.955 unit (terjadi penurunan 2 persen dibanding tahun 2022 sebesar 180.465 unit).

Kecelakaan Menurun

Selama puncak arus mudik, jumlah kecelakaan yang terjadi mencapai 2.557 kasus, dengan korban meninggal mencapai 329 orang. Meski demikian, angka kecelakaan ini turun 33 persen dibandingkan periode sebelumnya. Berdasarkan data Korps Lalu Lintas (Korlantas) di Posko Angkutan Lebaran Terpadu, per 15-23 April atau H-7 hingga H+1 Lebaran, tercatat kecelakaan lalu lintas sebesar 2.557 kejadian.

Jumlah ini menurun dari periode yang sama pada tahun 2022, yaitu 3.799 kejadian atau 33 persen. Jumlah korban meninggal juga turun 61 persen, yaitu 329 orang dari 873 jiwa. Sementara itu kerugian material ditaksir mencapai Rp 5,5 miliar, turun 20 persen dari periode lalu, yaitu Rp 6,99 miliar (Kompas.id, 24/04/2023).

Berdasarkan data pemberian santuan dari PT Jasa Raharja, selama Operasi Ketupat H -5 hingga H+4 (18 -27 April 2023), jumlah kecelakaan berdasarkan Laporan Polisi tahun 2023 ada 2.676 kejadian turun 25,60 persen dibanding tahun 2022 (3.597 kejadian). Sementara jumlah korban kecelakaan total tahun 2023 sebanyak 5.337 orang ( turun 24 persen) dibading tahun 2022 (6.982 orang).

Jumlah korban meninggal dunia terjamin sebanyak 612 orang di tahun 2023 ( penurunan 38 persen) dibandingkan tahun 2022 sebanyak 993 orang. Jumlah korban luka-luka terjamin tahun 2023 sebesar 4.268 orang (ada penurunan 9 persen) dibadingkan tahun 2022 sebesar 4.704 orang. Kejadian kecelakaan lalu lintas tertinggi di Provinsi Jawa Timur dan terendah di Provinsi Maluku.

Fatalitas dalam kecelakaan lalu lintas bukan sekadar persoalan statistik atau angka-angka. Dampaknya begitu besar dalam kelangsungan hidup keluarga korban. Kematian satu jiwa akibat kecelakaan tetap ironi dan duka mandalam. Bagaimana masa depan istri dan anak-anak yang ditinggal tulang punggung keluarga karena meninggal akibat kecelakaan? Selain itu, korban yang terluka berpotensi mengalami penurunan daya atau kemampuan fisik yang dapat membatasi perkembangan dan aktivitas hidupnya.

Maka dari itu, perlu dirumuskan strategi besar agar kecelakaan lalu lintas tidak selalu berulang. Jika tanpa upaya strategi pencegahan, masa mudik dan balik lebaran akan terus berhias tragedi kematian masyarakat. Di sinilah pentingnya membangun kesadaran bermobilitas yang mengutamakan keselamatan dan keamanan. Lebaran merupakan momen berkumpul bersama, merayakan kehidupan bukan kematian.

Warga mudik/foto: Polda Aceh

Kecelakaan dalam masa operasi ketupat bukan sekadar membayangi perjalanan mudik dan balik antardaerah oleh masyarakat. Aktivitas warga saat atau selama Lebaran di suatu daerah, apalagi menggunakan sepeda motor, juga berisiko fatal.

Pentingnya masyarakat memahami bahwa sepeda motor bukan kendaraan dengan jaminan tinggi keselamatan. Namun, tipe kendaraan seperti inilah yang terjangkau oleh kondisi ekonomi mayoritas warga terutama di daerah. Selain itu, di daerah juga tidak tersentuh atau sedikit dilayani angkutan umum yang memadai dan andal.

Bisa jadi, tingkat kesadaran pengguna jalan semakin meningkat pada saat musim lebaran dan imbauan pentingnya keselamatan pada musim lebaran tahun ini cukup gencar. Sangat membantu turut menurunkan angka kecelakaan selama musim lebaran 2023.

Mudik Gratis  Perlu Ditambah

Penyelenggaraan mudik gratis tahun ini jauh lebih banyak dan lebih beragam asal dan  tujuannya. Beragam, artinya tidak hanya moda bus, namun menggunakan moda kereta, kapal laut dan pesawat terbang.

Penyelenggaranya tidak hanya Kementerian/Lembaga, BUMN perusahaan swasta di tingkat pusat, namun cukup banyak pemerintah daerah, BMUD turut serta berpartisipasi. Tahun ini tercatat sejumlah pemda yang menyelenggarakan mudik gratis, seperti Pemprov. Jawa Tengah, Pemprov. DKI Jakarta, Pemprov Jatim, Pemprov Kalimantan Barat, Pemprov Kalimantan Selatan, Pemprov Sumatera Selatan, Pemkab Tangerang, Pemkot Medan. Tahun depan, tradisi mudik gratis ini oleh pemerintah daerah hendaknya dapat diikuti semua pemda yang lain. Tujuannya adalah untuk mengurangi pemudik memakai sepeda motor. Selain itu pula turut membantu warga yang mau mudik namun kemampuan finansial kurang.

Namun, masih terdapat penyelenggara mudik gratis yang memakai bus pariwisata yang tidak berizin alias tidak terdaftar pada spionam.dephub.go.id. Penyelenggara mudik gratis yang dikelola event organizer (EO) tanpa ada pengawasan ketat dan terarah, cenderung tidak memperhatikan kondisi kendaraan yang disewanya. Dampaknya, akan rentan untuk menjaga keselamatan  penumpangnya.

Jangan dibiarkan berlarut-larut sejumlah bus wisata yang tidak berizin bisa beroperasi. Setidaknya dapat dilakukan ramp chek di lokasi wisata. Jika ditemukan, diminta pihak penyelenggara bertangggungjawab untuk mencari bus pengganti. Orang pintar tentunya tidak mau menggunakan transportasi umum ilegal. Gunakanlah transportasi umum yang legal, lebih aman dan terjamin. Jika terjadi sesuatu musibah dalam bertransportasi  akan dapat santunan dari pemerintah melalui PT Jasa Raharja.

Jika memakai transportasi umum ilegal, tidak bisa dipastikan kelaikan kendaraannya, pengemudinya,  dan kalau terjadi musibah kecelakaan ( sedang diusulkan) tidak mendapat santunan dari PT Jasa Raharja. Juga bagi yang tidak memakai helm saat berkendara, tidak memiliki SIM, tidak membayar pajak kendaraan bermotor (PKB), melanggar aturan berlalu lintas , juga (sedang diusulkan) tidak mendapat santunan dari PT Jasa Raharja.

Pemudik bersepeda motor masih cukup banyak melanggar kelebihan muatan maupun penumpang. Pemudik membawa anak-anak masih cukup banyak ditemukan. Tidak hanya satu anak yang dibawa, namun kadang  dua anak. Itu pun masih  ditambah beban barang  bawaannya yang sesungguhnya menyulitkan pengemudi mengendalikan sepeda motornya. Masih ada pemakaian mobil bak terbuka dan angkutan roda 3 yang biasanya angkut barang tapi digunakan angkut penumpang saat mudik lebaran.

Mudik gratis ke Sumatera perlu ditambah seiring dengan terhubungkan jaringan jalan tol Trans Sumatera, memberikan konsekuensi masyarakat ingin mudik setiap setajun sekali. Misalnya, tujuan ke Provinsi Lampung tidak hanya sebatas Kota Bandar Lampung, namun dapat menjagkau layanan hingga ke semua ibukota kabupaten dan kota yang ada.

Pelanggaran Angkutan  Barang

Pelanggaran penggunaan kendaraan barang dan jenis muatan selama musim lebaran 2023 masih terjadi. Informasi jadwal angkutan barang dan jenis muatan yang boleh diangkut, hendaknya diberikan sebulan sebelum pelaksanaan untuk batas muatan. Supaya pemilik barang dan perusahan angkutan dapat mempersiapkan dan merencanakan lebih matang lagi.

Hampir 100 persen kendaraan barang kelebihan dimensi dan muatan ( over dimension and over load – ODOL) yang melintas melewati Pelabuhan Ciwandan menuju Pulau Sumatera. Juga, jenis komoditas yang diangkut tidak sesuai Surat Keputusan Bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, Dan Direktur Jenderal Bina Marga Nomor KP-DRJD 2616 Tahun 2023 Nomor SKB/48/IV/2023 Nomor 05/PKS/Db/2023 tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 Hijriah.

Keselamatan Transportasi Air

Sama halnya di jalan raya, setiap musim lebaran ada kecelakaan di perairan. Insiden dengan speedboat Evelin Calisca 01 terbalik di perairan Indragiri Hilir, Riau. Musibah terjadi ketika kapal sedang mengangkut penumpang menuju Tanjung Pinang (Pulau Bintan), Kepulauan Riau, Kamis, 27/04/2023).

Foto: Djoko Setijowarno

Menurut keterangan awak kapal yang selamat, kecelakaan itu bermula saat nakhoda berusaha menghindari balok kayu di tengah perjalanan. Namun, karena saat itu speedboat tengah dipacu kencang, kapal tersebut oleng, lalu terbalik (Kompas.id, 29/04/2023).

Penggunaan jaket pelampung ( life jacket) belum memasyarakat. Terkait transportasi air,  maka pelabuhan tidak resmi harus ditertibkan, pembuatan kapal perlu distandarkan dan pengawasan pada saat perizinan.  SDM nakhoda speedboat yang masih turun temurun dengan pengetahuan yang minim, maka  keahliannya perlu ditingkatkan. Jika ada pelanggaran selama proses pelayaran instansi yang berwenang atau yang  mengawasi  harus memberikan sanksi.

Program Transportasi Umum

Ke depan dalam jangka pendek, transportasi umum di daerah harus segera dibenahi dan dibuat senyaman menggunakan kendaraan pribadi. Transportasi umum belum menjangkau ke kawasan pedesaan. Penggunaan mobil bak terbuka untuk wisata dan mudik lebaran makin marak. Warga tidak ada pilihan menggunakan transportasi umum.

Kecelakaan maut di Aceh selama Lebaran 2023 menelan 12 korban jiwa dan puluhan korban kritis. Penggunaan kendaraan barang untuk mengangkut penumpang menjadi pemicu utama kecelakaan. Pelanggaran berkendara berakibat fatal, kematian sia-sia di jalan raya (Kompas.id, 30 April 2023).

Ada 11 kota (selain Jakarta) yang sudah memiliki layanan transportasi umum dengan skema pembelian layanan ( buy the service/BTS). Sebanyak 62 persen penumpang BTS memiliki sepeda motor. Penumpang pelajar terbesar menggunakan bus skema BTS, yakni 45 persen. Kemudian 38,5 persen masyarakat umum, 15,5 persen lanjut usia dan 1 persen disabilitas. Porsi anggaran untuk membenahi transportasi umum di daerah harus dilipatgandakan, ketimbang negara terus menerus mempertahankan atau menambah subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang menggerogoti keuangan APBN.

Akan banyak diperoleh manfaat jika transportasi umum di daerah dibenahi. Selain untuk kepentingan melayani pemudik saat pulang kampung, juga menghemat subsidi BBM, menurunkan angka kecelakaan, mengurangi kemacetan lalu lintas, mengurangi polusi udara,  dan mengendalikan angka inflasi di daerah.***

Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Wilayah MTI Pusat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version