Connect with us

Kabar

Yang “Berbeda” di Ulang Tahun PPAD 2024

Published

on

Ziarah ke TMP Kalibata dalam rangka HUT PPAD ke-21, Sabtu (3/8/2024)

JAYAKARTA NEWS— Peringatan ulang tahun Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) ke-21 tahun 2024, punya banyak warna. Mulai dari pelaksanaan rangkaian aneka kegiatan, hingga ziarah ke Taman Makam Pahlawan. Di antaranya, terselip suasana haru dan duka.

HUT PPAD tahun lalu dan tahun ini, diperingati pada tanggal dan bulan yang sama, 6 Agustus. Bedanya, tahun lalu Ketua Umum Letjen TNI Purn Doni Monardo memimpin serangkaian acara hingga menjadi inspektur upacara di TMP Kalibata. Sedangkan tahun ini, giliran pengurus PPAD menziarahi makam Letjen TNI Purn Doni Monardo yang wafat tanggal 3 Desember 2023.

“Ulang tahun PPAD tahun ini tentu saja terasa berbeda tanpa kehadiran almarhum (Doni Monardo). Tapi kami para pengurus, tetap meneruskan tradisi, serta melanjutkan perjuangan beliau,” ujar Sekjen PPAD, Mayjen TNI Purn Komaruddin Simanjuntak kepada pers, kemarin (3/8/2024).

Salah satu tradisi yang dimaksud adalah melakukan serangkaian kegiatan serta ziarah ke TMP setiap ulang tahun. Kegiatan ini juga dilakukan di Tamam Makam Pahlawan oleh pengurus PPAD tingkat provinsi di seluruh Indonesia. Keseluruhan kegiatan dibingkai dengan tema “PPAD Bersama TNI-AD, Menuju Indonesia Maju”.

Makna Ziarah

Di TMP Kalibata, acara diawali dengan upacara dipimpin Sekjen PPAD Mayjen TNI Pur Komaruddin Simanjuntak. “Tujuan tabur bunga dan ziarah ke makam pahlawan ini tentunya untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Terutama bagi generasi penerus, penting memberikan pemahaman bahwa pahlawan sangat besar jasa dan pengorbanannya untuk kemerdekaan indonesia yang kita cintai bersama,” ujar Komar yang lulusan Akmil 85.

“Kegiatan ziarah adalah untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur demi mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. Di nisan para pahlawan kami berdoa. Memberikan penghormatan atas jasa-jasa mereka,” tambah Komar.

Tradisi ziarah lainnya adalah mengheningkan cipta. Sebuah ritual khidmat untuk mengantar dan mengirim doa agar perjuangan, pengorbanan para pahlawan diterima oleh Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, serta dilapangkan jalannya.

“Dan tak lupa kami melakukan tabur bunga di pusara para pahlawan. Hal itu melambangkan, bahwa pengorbanan nyawa yang paling berharga demi generasi berikutnya, tidaklah sia-sia. Jasa pahlawan tetap harum semerbak sepanjang waktu,” tutur Komaruddin pula.

Sekjen PPAD melanjutkan, bahwa yang tak kalah penting adalah memberikan motivasi kepada anak-anak muda harapan bangsa. Hendaknya mereka meniru semangat kepahlawanan, semangat rela berkorban, semangat nasionalisme dan patriotism untuk memajukan bangsa serta menyejahterakan.

Secara khusus, para pengurus PPAD yang mengikuti apel ulang tahun juga melakukan ziarah kepada dua tokoh PPAD. Yang pertama, Jenderal TNI Widjojo Sujono sebagai pendiri PPAD. Yang kedua, menziarahi nisan Letjen TNI Doni Monardo, Ketua Umum PPAD yang wafat 3 Desember 2023.

Di makam Letjen TNI Purn Doni Monardo, para pengurus juga melakukan penghormatan dan doa bersama. Doa dipimpin oleh Mayjen TNI Purn Sunaryo, Kabid Komunikasi dan IT, PP PPAD.

Dalam kesempatan itu, hadir para purnawirawan anggota PPAD. Di antaranya tampak Letjen TNI Purn Kiki Syahnakri, Letjen TNI Purn Sumarsono, Letjen TNI Purn Darsono, Letjen TNI Purn Sukarto, Letjen TNI Purn Gerhan Lantara, Letjen TNI Purn Yoedhi Swastono, Mayjen TNI Purn Meris Meriadi, Mayjen TNI Purn Amirudin Usman, Mayjen TNI Purn Zul Efendi, Mayjen TNI Purn Hipdizah, dan masih banyak lagi.

Dari pengurus PPAD tampak antara lain Mayjen TNI Purn Johny L Tobing, Mayjen TNI Purn Wiyarto, Mayjen TNI Purn Eko Budi S, Mayjen TNI Purn Sunaryo, Mayjen TNI Pur Amrin, Mayjen TNI Purn Daniel Tjen, Brigjen TNI Purn Andi Darmawangsa, Brigjen TNI Pur A Boer dan masih banyak yang lain.

Rangkaian Acara

Adapun rangkaian kegiatan lain dalam rangka HUT PPAD ke-21 adalah penyerahan satu juta bibit pohon sukun. Sebelumnya, PPAD telah mencanangkan program pembibitan satu juta pohon sukun. Sementara hari Kamis, (25/7/2024), 1 juta bibit sukun itu dibagikan kepada TNI-AD, Mabes TNI, IKN, dan Pemerintah Provinsi Jakarta.

Dari jumlah tersebut, 500.000 bibit sukun di antaranya diserahkan kepada TNI-AD. Secara simbolis bibit sukun diterima oleh Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kasad bidang Tahwil, Komsos, & Bakti TNI, Brigjen TNI Taufik Shobri M.Han, mewakili TNI AD. Acara penyerahan berlangsung di Kantor PPAD, Matraman, Jakarta Pusat.

Selain Angkatan Darat, sejumlah bibit sukun juga dibagikan kepada beberapa instansi lainnya. Sejumlah 150.000 bibit diterima oleh Aster Panglima TNI, Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, mewakili Panglima TNI.

Untuk Pemerintah Provinsi Jakarta, 200.000 bibit sukun diterima oleh Wakadis Lingkungan Hidup Drs. Sarjoko, M.M.

Sebanyak 150.000 bibit sukun sisanya untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) yang diterima oleh Brigjen TNI Purn Temas, S.Sos, M.M Pelaksana Satgas Pohon IKN-PPAD. Program pembibitan 1 juta pohon sukun, didukung sepenuhnya oleh MIND ID.

Selain itu, PPAD juga melakukan kegiatan medical check up bagi sebagian anggota dan pengurus PPAD, di RSPAD Gatot Subroto, renovasi rumah purnawirawan bantuan KASAD Jenderal Maruli Simanjuntak, khususnya rumah tinggal tidak layak huni yang tersebar di beberapa kodam. Di samping sejumlah kegiatan sosial yang dilakukan selama bulan Agustus 2024. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *