Wartawati JayakartaNews.com Raih Juara Kedua Lomba Anugerah Pewarta Astra 2020

 Wartawati JayakartaNews.com Raih Juara Kedua Lomba Anugerah Pewarta Astra 2020

JAYAKARTA NEWS— “Cerita Cinta dari Kobrey” karya wartawati  JayakartaNews.com Ernaningtyas berhasil  meraih juara kedua  Anugerah Pewarta Astra (APA) 2020.  Juara pertama diraih Sri Juliati dari Tribubews.com dan juara ketiga  diraih Diananta Putra Semedi dari Banjarhits.com.    Ketiganya berhasil menyisihkan seratus limapuluhan lebih karya lainnya. 

Anugerah Pewarta Astra 2020 merupakan ajang tahunan yang digelar PT Astra International Tbk”.  Tahun ini APA memasuki usia keenam dan berhasil mengumpulkan 230 karya jurnalistik yang dinilai oleh tiga juri kompeten: Maria Yuliana Benyamin Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia,  Febby Mahendra Putra Direktur Pemberitaan Tribun Network, serta penulis buku dan content creator Alexander Thian. 

Bersama APA, Astra juga menyelenggarakan Lomba Foto Astra (LFA) yang telah memasuki usia kedua belas. Tahun ini LFA berhasil menjaring 6.122 karya foto.  Seluruh karya foto itu dikurasi oleh juri kompeten: Kepala Redaksi Foto LKBN Antara Prasetyo Utomo, fotografer profesional Nicoline Patricia dan Kepala Departemen Kemahasiswaan & Alumni Politeknik Manufaktur Astra Hari D. Nugroho.   

Kedua kategori lomba, APA dan LFA,  terbuka untuk peserta kategori umum (bloger) dan wartawan.  “Melalui tema Semangat Majukan Indonesia, Astra mengajak seluruh pencinta fotografi dan penulis di Indonesia untuk menebar inspirasi lewat karya-karya terbaik mereka. Ajang ini merupakan ajang tahunan yang secara konsisten Astra adakan agar menambah semangat para peserta untuk selalu mengasah kemampuan mereka dari tahun ke tahun,” kata Riza Deliansyah, Chief of Corporate Affairs Astra.

Tahun ini APA dan LFA mengapresiasi lebih banyak pemenang daripada biasanya yaitu sejumlah 84 orang. Sebanyak 42 pemenang Lomba Foto Astra dan 42 pemenang Anugerah Pewarta Astra baik dari kategori wartawan dan umum dengan hadiah untuk masing-masing kategori: Juara 1  mendapatkan motor Honda CBR 150 R, juara 2  motor Honda ADV 150 CBS, juara 3 motor Honda Beat, juara harapan  DJI Mavic Mini dan hadiah favorit 60 Samsung Galaxy Fit. 

“Harapan ke depannya program ini akan terus berjalan dan semakin banyak peserta yang terlibat sehingga semakin banyak pula cerita-cerita inspiratif yang bisa dibagikan ke masyarakat,” ujar Maria Yuliana Benyamin.

Menurut Kepala Redaksi Foto LKBN Antara Prasetyo Utomo, LFA Astra ke-12 ini mencerminkan semangat maju dari masyarakat Indonesia. “Terlihat dari karya-karya yang bervariasi, baik dari  sisi budaya, sosial ekonomi, human interest bahkan aktivitas-aktivitas masyarakat di pelosok Indonesia. Istimewanya lagi, beberapa peserta berhasil ‘menjelajahi’ pandemi COVID-19 ini lalu menuangkannya menjadi karya yg luar biasa,” tutur Prasetyo.

Kisah Inspiratif

Anugerah Pewarta Astra merupakan wahana para penulis untuk menyajikan kisah-kisah inspiratif   dari pemenang Astra Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards (SIA) dan juara Kampung Berseri Astra (KBA). SIA dihelat Astra sejak tahun 2010, KBA diselenggarakan sejak tahun 2013. Pada penyelenggaraan kedua belas di tahun 2020, SIA mengapresiasi 397 anak muda, yang terdiri dari 70 penerima tingkat nasional dan 327 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 116 Kampung Berseri Astra dan 755 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

PT Astra International Tbk merupakan perusahan publik yang bergerak di berbagai bidang usaha. Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha mulai dari  otomotif, jasa keuangan, alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi, agribisnis, infrastruktur dan logistik, teknologi Informasi sampai properti.

PT Astra didirikan di Jakarta pada tahun 1957. Awalnya perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.  Kegiatan operasional perusahaan tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 238 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 187.365 karyawan, berdasarkan data Desember 2020.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau dan Astra Untuk Indonesia Kreatif. (Ernaningtyas)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *