Kabar

VOP Serukan Hargai Keberagaman

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Menyongsong Hari Keluarga Internasional yang diinisiasi oleh PBB baru-baru ini, Visions of Peace (VOP) menyerukan ide perdamaian kepada lapas-lapas anak di Indonesia.

“Kita perlu membantu kaum muda menyelesaikan batasan masa akhir anak dan dimulainya kehidupan dewasa mereka. Anak-anak akan menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab yang mereka butuhkan. Dan sebagai garda depan yang dibutuhkan masyarakat,” kata Princess Cheryll Halpern selaku founder internasional VOP Initiative kepada penulis usai mengunjungi LPKA di Tangerang dan LPKA di Jakarta.

“Lakukan kepada orang lain seperti yang Anda ingin diperlakukan untuk diri sendiri. Dan jangan lakukan kepada orang lain seperti yang tak ingin Anda lakukan untuk diri sendiri,” seru Cheryll Halpern.

VOP selama ini telah menginspirasi ratusan ribu anak dan pemuda melalui berbagai kegiatan di lebih dari 60 kota di Indonesia.

Fungsi utamanya adalah memberi pemahaman yang berarti tentang perilaku etis yang dapat dicapai berupa apresiasi nilai timbal balik guna menyuarakan perdamaian dan toleransi melalui cara kreatif dan seni.

“Ini aturan Emas-nya dalam mengedepankan anak-anak binaan di lapas-lapas anak,” imbuh Cheryll Halpern.

Sedangkan Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) DR Damien Dematra sebagai Koordinator Gerakan Peduli Pluralisme (GPP) dan Ketua Gerakan Nasional Menulis (GNM) yang mendampingi Cheryll Halpern selama kunjungannya selama 3 hari di Indonesia menegaskan bahwa VOP adalah organisasi non-profit dan mempunyai misi mempromosikan perdamaian kepada generasi muda (dibawah usia 18 tahun) melalui media seni seperti film, musik, puisi, tari, seni rupa dan fotografi.

“Kita akan terus berjuang mempromosikan perdamaian tanpa melihat suku dan agama. Kita menghargai keberagaman,” jelas Damien Dematra yang juga dikenal sebagai aktivis perdamaian, filantropis, humatarian, novelis, penulis naskah, produser, fotografer, sutradara dan penggagas Festival Film Perdamaian.

Dalam kesempatan itu, Asosiasi Jurnalis Warga Indonesia (AJWI) menganugerahkan penghargaan khusus untuk VOP sebagai peraih People’s Journalist Awards 2023. (pik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version