Connect with us

Kabar

Tim BPBD Jatim Berjibaku Padamkan Api di Gunung Bromo

Published

on

Tim BPBD Jatim bekerja keras memadamkan api di penanjakan gunung bromo (foto: istimewa)

PASURUAN, JAYAKARTA NEWS— Pada Rabu (7/8/2024), sejak sore hingga malam hari sekitar pukul 19.00 Wib, Tim BPBD Jatim terlibat aksi pemadaman kebakaran hutan yang terjadi di penanjakan Gunung Bromo. Tepatnya, di Desa Wonokitri Kec. Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Aksi spontan itu terjadi saat Tim BPBD dalam perjalanan menuju penanjakan Gunung Bromo, usai memfasilitasi pembentukan Destana di Desa Kayukebek Kec. Tutur, Kab. Pasuruan.

Melihat adanya kepulan asap dan kobaran api yang semakin membesar, Tim BPBD Jatim pun menghentikan laju kendaraan. Lalu menghubungi Tim Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), aparat desa setempat dan TRC BPBD Kab. Pasuruan.

Sembari menunggu tim lain datang, dengan alat seadanya Tim BPBD Jatim langsung berjibaku berusaha memadamkan api yang mulai melahap ilalang, pohon edelweis dan pohon pinus.

Akhirnya, berkat respon cepat Tim gabungan BPBD Jatim, TNBTS, TRC BPBD Kab. Pasuruan, TNI Polri dan warga setempat, kebakaran hutan yang belum diketahui penyebabnya ini, bisa dipadamkan.

“Habis kegiatan, sebetulnya kita mau jalan-jalan. Tapi, kita lihat ada kebakaran di arah penanjakan dan belum ada tindakan. Akhirnya, kontak sana sini, termasuk ke TNBTS, pihak desa dan BPBD Pasuruan, ” ujar Analis Kebencanaan Bidang Pencegahan BPBD Jatim, Dadang Iqwandy, mengisahkan.

Namun, ia pun bersyukur, sekitar pukul 19.00 Wib malam, Karhutla di kawasan penanjakani ini bisa dipadamkan, dan dilanjut dengan pembasahan hingga sekitar pukul 20.30 WIB.***poedji

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *