Kabar

Tiba di Korsel, Megawati akan Jadi Pembicara di ‘Jeju Forum for Peace and Prosperity’

Published

on

JEJU, JAYAKARTA NEWS – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tiba di Jeju, Korea Selatan untuk mengikuti sejumlah kegiatan. Megawati tiba sekitar 18.00 waktu setempat dan disambut Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto di Bandara Jeju, Senin (12/9/2022).

Dalam rombongan Megawati turut ikut Bendahara Umum PDIP yang juga Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey. Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri dijadwalkan tiba di Jeju, besok.

Sebelum menuju Jeju, Megawati dan rombongan dilepas oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dari bandara Halim Perdanakusuma sekitar 10.00 WIB.

Di Jeju, pada Rabu (14/9/2022), dalam kapasitas sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN, Megawati akan menyaksikan penandatangan nota kesepakatan (MoU) antara Jeju National University (JNU) dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dilanjutkan dengan mengunjungi Laboratorium Budi Daya Laut yang berada di Universitas Nasional Jeju.

“Agenda utama Ibu Mega pada Kamis (15/9/2022) adalah keynote speech di acara pembukaan Jeju Forum for Peace and Prosperity,” papar Hasto. Menurut informasi akan ada 2.000 peserta di Jeju Forum yang ke-17 ini. Sejumlah tamu VIP dari sejumlah negara dijadwalkan ikut hadir dan menyampaikan materi di acara ini.

Foto: PDIP

Hasto menambahkan dalam kesempatan tersebut, selain menyampaikan pidato, Megawati akan membagikan buku Pancasila, Dasar Negara Indonesia dalam bahasa Inggris. “Dalam buku dijelaskan sejarah lahirnya Pancasila dan penjelasan tentang lima sila,” ucap Hasto.

“Dulu pada 2017, di Jeju Forum ke-12, Ibu Mega juga hadir sebagai pembicara,” terang Hasto.

Hasto menambahkan, selama dua hari itu, Megawati juga dijadwalkan memiliki agenda-agenda antara lain bertemu Gubernur Jeju Oh Young-hun dan menanam pohon baru di Megawati Soekarnoputri Garden yang terletak di salah satu kawasan hotel di Pulau Jeju. Kebun tersebut diresmikan Megawati pada Mei 2017 lalu.

Hasto menyebutkan Megawati sangat berharap hubungan baik dan kerja sama antara Indonesia dan Korsel terus bisa ditingkatkan.

“Ini menjadi kunjungan kesekian kalinya Ibu Mega ke Korsel. Beliau selalu menyampaikan agar hubungan kedua negara terus terjalin dengan baik. Saat bertemu dengan Presiden Korsel Yoon Seok-yeol di Seoul pada Mei lalu, hal itupun disampaikan Ibu Mega,” pungkas Hasto.***/din

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version