Kabar

Supervisor Pariwisata Labuan Bajo Didorong Rekrut Local Boy

Published

on

DENPASAR, JAYAKARTA NEWS – Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat menjadi pintu gerbang pariwisata NTT yang berkembang pesat. Pembangunan akomodasi pariwisata, khususnya hotel, berlangsung lumayan masif. Namun, praktisi pariwisata Bali, Yusdi Diaz, mengingatkan agar kemajuan pariwisata Labuan Bajo disertai akses yang luas bagi partisipasi aktif local boy di wilayah tersebut.

“Kalau level manager mungkin masih memerlukan orang luar, karena harus memenuhi syarat atau kualifikasi khusus yang ketat,” ujar Yusdi Diaz dalam forum diskusi pariwisata mahasiswa Manggarai Bali, Rabu, 29 Maret 2023, di Warung Sang Dewi Jalan Tukad Musi I Nomor 5 Denpasar.

Menurut Yusdi Diaz, hotel maupun restoran yang mulai tumbuh pesat di berbagai titik di Labuan Bajo dan sekitarnya harus didorong agar membuka akses seluas-luasnya kepada local boy dan local girl di Manggarai Barat dan sekitarnya untuk digunakan sumber dayanya. “Ini untuk kelas supervisor ke bawah masih sangat mungkin  direkrut tenang lokal. Jika ada hotel yang merekrut SDM dari luar Labuan Bajo pasti itu bagian personalia tidak bekerja maksimal,” kata Yusdi yang dikenal juga sebagai Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar (IKB) Flobamora Bali ini. 

Yusdi mengungkapan dirinya sepekan lalu berada di Labuan Bajo. Saat berada di destinasi pariwisata prioritas ini, Yusdi mengamati banyak fasilitas pariwisata yang dibangun di bibir tebing. “Karakter alam Labuan Bajo memang lebih banyak daya tarik alamnya. Namun, ia menyontohkan restoran yang dibangun di bibir tebing tampaknya tembok penyangganya kok tipis ya. Apakah ini tidak rawan bencana?” ujarnya setengah bertanya. (Syam Kelilauw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version