Kabar

Siswa Jatim Borong Gold Medal Bidang Innovative dan Environmental Science di AISEEF IYSA

Published

on

SURABAYA, JAYAKARTA NEWS– Siswa SMAN 10 Surabaya sukses meraih tiga gold medal dalam ajang ASEAN Innovative Science Enviromental and Entrepeneur Fair (AISEEF) yang digelar Indonesian Young Scientist Association (IYSA) di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Tiga medali emas itu didapat daru dua bidang lomba yakni kategori Innovative Science and Environmental Science.

AISEEF merupakan ajang kompetisi bergengsi tingkat Internasional dibidang inovasi, lingkungan dan wirausaha yang diiikuti 15 negara dengan ribuan peserta. Di antaranya, Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, Indonesia dan Vietnam.

Siswa SMAN 10 Surabaya yang meraih medali emas dalam kategori Innovative Science and Environmental Science yakni; Inovasi Spray Anti Nyamuk dari Biji Alpukat untuk gold medal kategori Life Science yang dibuat oleh Ellianne Danette,Rafi Syahputra, Nadia Herlina, Zaftio Apreda, Salsabila Nauraswari dan Khairunnisa Keisha.

Kemudian inovasi yang memperoleh gold medal kategori Innovative yakni Helm Multifungsi Anti Gegar Otak. Karya inovasi ini digagas Dompak Nahason, Belize Salsabila, Chintamy Pamela, Nastiti Hayuning dan Devantyo Yusuf.

Selain inovasi, gold medal kategori Environmental Science melalui penelitian tiga jenis tanaman untuk pengikat karbon monoksida yang dihasilkan polutan, asap rokok dan vapor. Uji efektifitas ini dilakukan oleh Kanafira Vanesha Putri, Nadine Zheekin, Alifia Hamida, Nasywah Mardhiyah, Gandhes Irsyadyah dan Ivan Cahya.

Terkait capaian siswa ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan rasa syukur dan apresiasinya atas prestasi yang terus ditorehkan siswa SMA di Jawa Timur.

Dikatakan Khofifah, inovasi dan penelitian merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari pendidikan di Jawa Timur. Dengan kultur meneliti dan inovasi ini, Insya Allah akan mendorong peningkatan kualitas pendidikan dan produktifitas di Jatim.

“Saya mengucapkan selamat untuk anak-anakku atas prestasi yang terus disumbangkan untuk pendidikan di Jawa Timur. Jadilah inspirasi bagi siswa lainnya dan jangan cepat puas dengan apa yang sudah diraih,” katanya Kamis(23/2). (poedji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version